Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harga Emas Awal Pekan Lanjutkan Pergerakan Positif

emasbig-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot LLG dan berjangka ditutup naik di akhir perdagangan pekan lalu (11/5). Harga logam mulia mengalami kenaikan setelah selama dua sesi berturut-turut sebelumnya melempem. Revisi data non farm payroll di Amerika Serikat memberikan dukungan bagi spekulasi bahwa Fed akan menunda kenaikan suku bunga acuan dalam waktu dekat.

Data dari sektor tenaga kerja tersebut mengalami rebound bulan lalu. Tingkat pengangguran mengalami penurunan ke level terendah adlam nyaris tujuh tahun belakangan yaitu pada level 5,4 persen. Kondisi ini berpotensi untuk membuat Fed mempertahankan kebijakan untuk menaikkan suku bunga acuan tahun ini.

Akan tetapi NFP di bulan Maret direvisi hanya naik 85K atau data paling rendah sejak bulan Juni 2012. Revisi pada data NFP bulan Maret menyiratkan bahwa kondisi sektor tenaga kerja masih belum sepenuhnya pulih. Data yang mixed tersebut mengakibatkan pasar kembali dilanda keraguan bahwa kenaikan suku bunga acuan akan dilakukan mulai bulan Juni mendatang.

Harga emas spot terpantau mengalami penutupan di teritori positif meskipun tidak terlalu besar. Harga komoditas ini naik sebesar 0,3 persen dan berakhir pada posisi 1.188 dollar per troy ons. Namun di perdagangan sesi Asia harga logam mulia tersebut kembali menguat ke 1189 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka juga tampak mengalami penguatan yang lumayan. Harga emas berjangka untuk kontrak Juni mengalami kenaikan sebesar 6,70 ?dollar dan ditutup pada posisi 1.188,90 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan melanjutkan kenaikan terbatas di sesi Asia. Secara teknikal harga logam mulia ini masih berpotensi untuk melanjutkan pelemahan karena trend yang ditunjukkan oleh indikator teknikal masih bearish.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.200 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.210 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.185 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.175 dollar.