Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Harapan Emas Naik | PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

pt rifan financindo

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang,?Di divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Desember menetap di $ 1.344,15, turun 7,75 poin atau 0,57% pada sesi. Sementara itu, perak ditutup turun 0,202 poin atau 1,00% di 19.968.

Sebelumnya pada hari Kamis, angka-angka dari World Gold Council mengungkapkan bahwa permintaan konsumen untuk logam kuning melambung ke 1.064 ton selama semester pertama 2016, menyentuh posisi tertinggi. Khususnya, investasi, bukan perhiasan, adalah pendorong utama permintaan untuk kuartal kedua berturut-turut, menurut Dewan. Tren ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Investor juga bereaksi terhadap hasil kuartalan optimis dari Macy Inc. dan Kohl Corporation pada hari Kamis menjelang rilis data penjualan ritel bulanan oleh Biro Sensus AS. Saham Macy melonjak sebanyak 15% setelah beberapa department store besar melaporkan penjualan toko yang lebih rendah dari yang diperkirakan pada kuartal kedua. Pada hari Jumat, Biro Sensus diperkirakan akan melaporkan peningkatan 0,4% dalam penjualan ritel bulan lalu, menyusul kenaikan 0,6% pada bulan Juni. Selain itu, University of Michigan bisa melaporkan sedikit kenaikan dalam sentimen konsumen pada bulan Juli di tengah penurunan tajam dari 3,5 poin pada bulan sebelumnya.

Pada perdagangan hari ini, kekuatan beli di emas kembali di uji dengan bantuan dari penjualan retail AS dan sentimen Michigan.

Sebelumnya atau pada perdagangan kemarin, emas bergerak negatif atau sisi jual lebih mendominasi ketika klaim pengangguran AS yang terus membaik sehingga pasar saham AS untuk pertamakalinya sejak 1999 ketiga bursa saham utama AS, DowJones, S&P 500 dan Nasdaq, ditutup tertinggi secara bersamaan.

Kualitas ekonomi AS yang lebih mumpuni ketimbang negara lain membuat pasar obligasi AS bergairah seakan mengedepankan kembali bahwa suku bunga AS memang layak untuk ditingkatkan ditengah-tengah perlombaan penurunan suku bunga dari bank-bank sentral dunia lainnya.

Kenaikan sebuah suku bunga suatu negara selalu akan diikuti dengan menguatny? mata uang negara tersebut dan investor akan sedikit melepas investasi emasnya sejenak.

Pada perdagangan akhir pekan ini, fokus fundamental terdapat penjualan retail AS, sentimen Michigan dan inflasi di tingkat produsen.

Penjualan retail AS ini sangat mempengaruhi kondisi perkembangan pertumbuhan ekonomi negeri Paman Sam tersebut, dimana penjualan retail atau retail sales ini mewakili 2/3 sebuah GDP atau pertumbuhan ekonomi suatu negara, sehingga dapat dibayangkan betapa besar pengaruh data tersebut terhadap masa depan kecerahan ekonomi negara tersebut.

Pola investasi yang akan masuk kedalam sebuah negara selain melihat kondisi keyakinan konsumennya, investor akan selalu memantau juga situasi penjualan barang-barang di tingkat kelontong atau retail ini.

Mengingat dan menimbang hasil dari order pesanan barang industri dan besaran pendapatan rumah tangga di AS yang meng?lami tren yang sedikit melemah akhir-akhir maka tim analis Financeroll memperkirakan angka penjualan retail di AS pada periode ini akan tergerus dibanding periode sebelumnya.

Bila ini memang terjadi maka ada harapan bagi emas untuk melakukan revansnya alias menguat lagi.

Pun demikian tingkat harga di produsen AS atau data PPI yang kemungkinan juga akan mereda mengingat komponen bahan bakar sebagai biaya tetap sebuah produksi yang mengalami penurunan sehingga membuat harga pokok penjualan juga bisa ditekan.

Bila hal ini terjadi maka harga emas bisa melejit karena redanya tekanan inflasi akan semakin meredakan semangat kenaikan suku bunga AS.

Namun patut jadi pertimbangan penting lainnya dimana sentimen Michigan yang merupakan hasil survey yang dilakukan universitas Michigan terhadap rumah tangga di AS dalam melihat perkembangan kehidupan ekonomi dalam negerinya, apakah semakin mudah untuk terpuaskan kegairahan kehidupan ataukah malah makin sulit untuk mencari sumber penghasilan.

Bila makin mudah maka angka sentimen akan dekati level 100 yang artinya kondisi ekonomi negeri ters?but membaik dan investor luar akan secara senang hati untuk melakukan investasinya di AS sehingga indeks dollar akan melejit dan emas terkulai.

Melihat pembukaan lapangan kerja baru dan makin turunnya harga bahan bakar di AS, kemungkinan besar sentimen Michigan kali ini lebih positif dibanding periode sebelumnya sehingga ada kesan tekanan jual di emas kembali bangkit terbatas.

Peluang rebound atau kenaikan emas bisa terjadi jikalau pasar ekuitas seperti pasar saham AS mengalami saat-saat aksi ambil untungnya. Akan tetapi bila bursa saham AS menguat lagi maka pasar log?m mulia tentu akan terkoreksi kembali.

Demikian uraian singkat kami, semoga dapat membantu anda dalam menentukan investasi yang akan anda pilih, semoga bermanfaat. Have a nice day ?nd happy trading.