Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Gua Unik dan Legenda Ibu Tiri yang Kejam di Republik Ceko

687e0baf-5129-4d3f-854e-020d54424367_169Rifan Financindo Berjangka -?Tidak hanya di Indonesia, Republik Ceko juga punya gua jenis alias sinkhole. Salah satu yang unik adalah Stepmother Abbys dengan legenda ibu tiri yang kejam.

Selain memiliki bangunan klasik, ternyata Republik Ceko juga memiliki bentang alam yang unik. Apabila datang ke Vilemovice yang berjarak sekitar dua setengah jam dari Praha, traveler bisa melihat Stepmother Abyss atau yang disebut juga Propast Macocha.

Propast Macocha merupakan salah satu destinasi wisata Vilemovice sekaligus salah satu sinkhole terdalam yang ada di Eropa Tengah. Dilansir detikTravel dari situs Czech Tourism, Rabu (18/5/2016), dalam bahasa Ceko Propast Macocha memiliki arti ibu tiri.

Penamaan itu ternyata tidak terlepas dari legenda seputar ibu tiri kejam yang beredar di kalangan masyarakat. Tidak jauh berbeda dengan anggapan masyarakat Indonesia yang sering menganggap ibu tiri sebagai sosok yang kejam.

Propast Macocha dari dekat (Moravsky Kras)

Alkisah hidup seorang janda bersama seorang anak tiri laki-laki. Seiring dengan berjalannya waktu, sang janda kembali menikah dan dikaruniai seorang anak laki-laki.

Namun karena tidak ingin menimbulkan persaingan antar anak laki-laki, ia meminta anak tirinya untuk mencari buah beri di hutan. Sang janda pun mengatakan, bahwa buah beri terbaik ada di ujung lubang yang dalam.

Ketika sang anak berada di ujung lubang, si janda sengan sengaja mendorong bocah itu ke dalam lubang. Beruntung si anak tiri berhasil bertahan hidup. Suara tangisnya pun terdengar dan berita soal sadisnya sang ibu tiri mulai menyebar di desa.

Setelahnya, sang ibu tiri kemudian melemparkan diri ke dalam lubang tersebut. Semenjak itu, sinkhole yang ada kemudian disebut sebagai lubang ibu tiri. Begitulah legenda yang ada di balik lubang tersebut.

Traveler pun bisa menyusuri sungai bawah tanah (Moravsky Kras)

Di balik mitos tersebut, Macocha Abyss pertama kali ditemukan tahun 1723 oleh seorang biarawan. Lubang sedalam 138 meter itu tercipta akibat runtuhnya langit-langit gua karena terkikisnya lapisan tanah oleh sungai bawah tanah yang mengalir di bawahnya.

Pada waktu tertentu, sinar matahari akan sejajar dan menyinari seisi lubang. Oleh sebab itu, Propast Macocha juga menjadi habitat alami dari sejumlah bunga langka. Traveler pun bisa melewati jalan setapak untuk melihatnya.

Jadi walau memiliki nama yang terdengar suram, nyatanya keindahan Propast Macocha berbanding terbalik dengan namanya. Jangan dilewatkan jika traveler liburan ke Ceko.