Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Genjot Ekonomi, Faisal Basri Minta Pemerintah Tidak Ugal-ugalan Lagi

PT RIFAN FINANCIDO BERJANGKA – Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Faisal Basri, menyarankan pemerintah untuk melakukan perbaikan kebijakan dalam rangka menggenjotpertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Faisal memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir tahun 2017 akan meleset dari target pemerintah sebesar 5,2 persen.

“Saya perkirakan riak-riak (krisis) itu akan segera terjadi, sehingga Presiden dan pemerintah sadar bahwa harus ada yang namanya rasionalisasi kebijakan. Enggak bisa serba ugal-ugalan seperti sekarang ini,” kata Faisal usai menghadiri acara MNC Sekuritas di Ambhara Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (9/11/2017).

Ugal-ugalan yang dimaksud Faisal adalah ketika pemerintah mendorong pembangunan infrastruktur tetapi memberi target yang tidak diiringi dengan persiapan matang. Dia mencontohkan momen saat Presiden Joko Widodo memerintahkan pembangunan bandara baru kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, tetapi belakangan ada masalah pada bangunan bandara itu.

Terkait riak-riak, Faisal mengungkapkan, tanda-tanda terjadinya krisis ekonomi sudah terlihat saat ini, salah satunya ketika rupiah mulai terganggu. Faktor lain yang memperkuat dugaannya juga mengenai cadangan devisa yang menurun, meskipun telah dilakukan langkah intervensi melalui sejumlah kebijakan untuk menopang itu yang dianggap belum terlalu efektif.

“Mau tidak mau, pemerintah akan menelan pil pahit karena penerimaan pajak akan jauh dari target. Semua menumpuk akhir tahun, menyebabkan ada riak-riak itu,” tutur Faisal.

Dia pun memprediksi, hingga akhir tahun 2017, pertumbuhan ekonomi hanya akan ada pada angka 5 persen. Faisal juga berpendapat, jika cara ugal-ugalan masih dipakai pemerintah pada tahun depan, kemungkinan pertumbuhan ekonomi tahun 2018 hanya naik menjadi 5,1 persen.

Sumber: Kompas.com
Fillsky – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | PUSAT Headunit

Leave a Reply