Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Gandum Menguat, Mesir Kembali Impor Gandum

jerman-wheat-700x357

Harga gandum berjangka untuk perdagangan hari ini (17/1) terpantau mengalami kenaikan setelah memperoleh sentimen positif yang datang dari adanya sebuah laporan bahwa Mesir yang merupakan importir gandum terbesar di dunia akan melakukan lelang terhadap impor gandum sebesar 60 ribu ton. Kebijakan tersebut akan mulai dilangsungkan pada bulan Februari mendatang.

Rencana impor yang akan dilangsungkan pada bulan depan merupakan lanjutan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Mesir untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Sebelumnya pada bulan Desember 2013 lalu pihak Mesir juga telah mengimpor gandum dari Amerika Serikat mencapai 55 ribu ton.

Harga gandum berjangka saat ini mengalami kenaikan 0,3% menjadi 5,6925 dollar per bushel di Chicago Board of Trade. Kemarin harga gandum sempat melemah sebesar 2%. Sedangkan harga kedelai berjangka mengalami flat di posisi 13,1925 dollar per bushel.

Untuk perdagangan esok hari, harga gandum beserta komoditas pangan biji-bijian lainnya diperkirakan akan masih dapat berpeluang mengalami kenaikan. Apalagi hari ini mulai muncul spekulasi bahwa Jepang akan mengeluarkan lelang impor untuk gandum yang rencananya akan dirilis pada bulan Januari ini guna memenuhi kebutuhan pangan dalam jangka pendek.