Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Gaji di Bawah UMR Ingin Cicil Rumah, Bagaimana Caranya?

Rifan Financindo Berjangka Semararng – Pertanyaan dari Pembaca: Selamat pagi detikFinance, aku mau konsultasi nih. Aku Yuni baru berusia 22 tahun, dan ingin sekali kredit rumah untuk orang tuaku, karena selama ini aku hanya mengontrak rumah, tetapi syaratnya tidak lengkap.

Aku kerja di bidang jasa dan gaji aku jauh di bawah UMR, sedangkan setahu aku syarat pengambilan rumah mesti di atas UMR.

Jawaban:
Yth Ibu Yuni,
Ada banyak syarat pengajuan KPR dan juga ada banyak alasan yang menjadi pertimbangan bank untuk meluluskan atau menolak pengajuan KPR. Di antaranya adalah usia pemohon, pekerjaan, gaji dan sebagainya.

Syarat pekerjaan, bank akan melihat status pemohon di tempat ia bekerja, apakah berstatus kontrak atau tetap. Bank lebih menyukai pegawai tetap yang telah bekerja lebih dari 2 tahun karena faktor ‘keamanan’ bahwa pemohon dapat membayar cicilannya secara rutin.

Bank juga akan menilai apakah pemohon dapat memenuhi biaya hidupnya setelah dikurangi cicilan. Biasanya maksimal cicilan bulanan adalah 30% dari penghasilan pemohon. Namun ada sedikit bank yang dapat menerima cicilan bulanan 40% dari penghasilan pemohon.

Selain itu, tentu saja pemohon harus memiliki uang muka untuk KPR, yaitu 30% dari harga rumah, ditambah biaya-biaya administrasi. Semakin besar uang muka yang Anda miliki, maka cicilan per bulan dapat menjadi semakin kecil.

Namun sebelum menghitung cicilan dan uang muka, Anda harus pastikan dulu rumah yang Anda inginkan, dengan harga berapa, di mana lokasinya, dan kapan Anda ingin memiliki rumah tersebut untuk orang tua Anda

Harga rumah sangat bervariasi, dan tidak semua bank dapat menerima rumah yang Anda inginkan untuk diajukan KPR-nya. Harga rumah juga menentukan berapa uang muka dan cicilan per bulannya.

Namun kebijakan setiap bank berbeda-beda, ajukan KPR ke beberapa bank untuk memperbesar kemungkinan pengajuan Anda diterima.

Pastikan keuangan Anda sehat dan tetap bisa menabung/berinvestasi meskipun telah dikurangi cicilan bulanan (nantinya). Sediakan dana darurat untuk keperluan penting yang mendadak dan miliki juga asuransi jiwa (jika diperlukan) dan asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai.

Selamat merencanakan keuangan!