Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Fundamental Dollar AS Sesi Asia 21 September Melemah Terbatas

2222295

Rifan Financindo Berjangka – Index dollar AS yang mengukur sekeranjang mata uang utama lainnya sesi Asia pagi (21/9) bergulir lemah di tengah sepinya data fundamental yang dirilis dari kawasan Asia dan hari libur di Jepang. Pada perdagangan sebelumnya (18/9) dollar AS berbalik menguat setelah pelemahan tajam yang masih dipengaruhi sentimen pertimbangan The Fed yang tetap kenaikan suku bunga bulan September.

Meski sentimen negatif penundaan suku bunga terhadap pergerakan dollar AS, namun mata uang ini mampu menguat karena dukungan fundamental yang solid, terutama dari sektor ketenagakerajaan AS berhasil mereduksi tingkat pengangguran 5.1%, telah ditunjukan kemajuan pada pendapatan rata-rata, dan pertumbuahan PDB cukup baik pada pertumbuhan 3.7% di kuartal kedua.

Di samping itu, dollar AS menguat karena arah kebijakan negara mata uang rilval seperti Euro dan Jepang adalah pelonggaran ekonomi dengan suku bunga rendah dan QE yang jelas ini berdampak pada arah pelemahan mata uang Euro dan Yen. Kemudian negara mata uang komoditas sedang terbebani harga minyak.? Sementara di AS sendiri sedang di jalur pengetatan dengan menaikan suku bunga. Meski tertunda, isu Fed Rate akan tetap eksis mengangkat dollar dan menambah katalis di setiap rilis data yang menjadi pendukung.

Pada ruang data, arahan fundamental AS hari ini adalah laporan penjualan rumah (existing home sales) bulan Agustus yang diperkirakan turun tipis. Sedangkan untuk sepekan tidak ada yang signifikan selain rilis revisi GDP kuartal kedua. Sehingga fokus dollar pekan ini lebih kepada Jannet Yellen yang akan berbicara hari Kamis dan Juga Lockhart untuk berbagi pandangan lebih lanjut terkait rencana pengetatan ekonomi AS.

Terpantau pergerakan Index Dollar AS saat ini (02:20:11 GMT) bergulir di kisaran 95.13, melemah tipis di sesi ini dari pembukaan 95.28. Pada perdagangan Jumat (18/8) pasar terkejut index ini berbalik arah dan ditutup bullish dari pembukaan 94.40 dengan capaian tinggi 95.37 dan rendah 94.05.

Secara teknikal,? Analyst Vibiz Resarch Center melihat pergerakan index dollar AS hari ini (21/9) cenderung melemah terbatas . Berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, diperkirakan index ini akan menguji support? terdekat di kisaran 94.90, kemudian index ini berpotensi berbalik menguat menguji resisten kisaran 95.50