Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Forex Harian Aussie 11 September, Jaga Performa Bullish Mingguan

aussie-dollaras1

Rifan Financindo Berjangka – Dollar Australia tebilang menujukan performa baik sepanjang pekan ini, meskipun sentimen pasar masih mengkhawatirkan pelambatan ekonomi Tiongkok mengancam aktifitas perdagangan Australia. Dollar Austrlia mampu bertahan bersamaan dengan melemah1nya dollar AS karena bumerang ketidakpastian Fed Rate bahkan oleh dugaan tidak akan naik secepat September.

Penguatan dollar Australia juga terdorong beberapa data positif dari dalam negeri yaitu penurunan tingkat pengangguran menjadi 6.2%, namun sentimen positif tertahan sedikit pada tingkat partisipasi kerja menurun menjadi 65.0%. Namun demikian Aussie akan tetap dipengaruhi kondisi Tiongkok dari data knerja retail dan aktifitas industri? bulan Agustus yang akan dirilis hari Minggu (13/9), sebagai informasi penurunan import hingga -13.8% akan memberi petunjuk pada kinerja retail Tiongkok.

Pelemahan Aussie tetap membawa optimis bagi pejabat Bank Sentral Australia (RBA), di mana waktu itu pada pidato Deputy Governor RBA Philip Lowe, mencatat bahwa nilai Aussie yang rendah membantu perekonomian.

Patut diperhatikan bahwa investor merasa senang dengan suku bunga Australia tetap pada 2.5% karena memicu minat bagi para Carry Treder memanfatkan peluang. Mereka akan mengincar harga rendah setelah data negatif dari Tiongkok memengaruhi pelemahan Aussie. Hal ini akan membatasi pelemahan pada Aussie untuk yang lebih dalam. Terlebih jika The Fed gagal membuat keputusan kenaikan Fed Rate di bulan September.

Terpantau pada pergerakan pair AUDUSD saat ini bergulir di kisaran 0.7068, sejauh pekan ini pair ini menguat dari pembukaan awal pekan di harga 0.6917. Pada perdagangan kemarin (10/9) pair ini ditutup bullish dari harga pembukaan 0.7014 dengan capaian rendah 0.6945 dan tinggi 0.7099. Aussie ditutup kuat karena sentimen negatif pada dollar As datang dari penurunan stok barang grosir dan harga? import.

Arahan selanjutnya akan didapat dari survei terbaru untuk bulan September tentang optimisme konsumen AS yang dilakukan oleh University of ?Michigan. Data tersebut memiliki perkiraan turun tipis dari skor sebelumnya 91.9. Data lainnya adalah Producer Price Index (PPI) yang mengukur persentasi perubahan harga barang dan jasa di tingkat produsen yang akan mempengaruhi inflasi ditingkat konsumen.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Resarch Center? melihat berdasrakan harga tinggi dan rendah sebelumnya pada pair AUDUSD hari ini diperkirakan memiliki support di kisaran 0.7000 dan resisrten di kisaran 0.7100.