Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Fakta Tentang Pembuluh Darah | PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

rifanfinancindo

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang,?Tubuh kita diciptakan dan didesain dengan sempurna. Setiap bagian tubuh kita, memiliki keunikanyang luar biasa, tak terkecuali pembuluh darah. Inilah fakta-fakta menakjubkan pembuluh darah manusia.

1. Panjangnya pembuluh darah Anda bisa melingkari Bumi. Meskipun ukuran diameternya relatif kecil, tetapi panjang jaringannya luar biasa. Jika dirurai menjadi garis lurus, pembuluh darah Anda lebih dari 60.000 mil panjangnya, menurut National Institute on Aging (NIA) di AS.

2. Pembuluh darah memompa berjuta-juta barel darah sepanjang umur kita. Setiap hari, jantung Anda memompa sekitar 1.800 galon darah melalui pembuluh darah Anda.

3. Pembuluh darah bekerja sebagai sebuah tim. Ada tiga jenis pembuluh darah yaitu arteri, vena, dan kapiler.

Ketika jantung berkontraksi, darah dipompa ke arteri yang membawanya pergi dari jantung. Arteri terhubung ke pembuluh yang lebih kecil dan berdinding tipis yang disebut kapiler.

Di kapiler, oksigen berpindah dari darah ke dalam sel-sel tubuh. Kemudian vena membawa kembali darah yang sudah terdeoksigenasi ke jantung.

4. Kondisi kesehatan yang serius dapat memengaruhi semua jenis pembuluh darah. Kebanyakan orang akan sadar jika terjadi gangguan pada pembuluh darah besar, misalnya aterosklerosis (pengerasan arties) hingga varises.

Namun, jarang yang menyadari jika ada gangguan pada pembuluh yang lebih kecil. Padahal, gangguan pada pembuluh besar sangat mungkin memengaruhi pembuluh darah yang ukurannya lebih kecil.

5. Pembuluh darah adalah bagian dari sistem pertahanan otak yang penting. Kita memiliki sebuah jaringan yang berisi pembuluh darah dan jaringan sel erat-spasi yang tugasnya membantu menjaga zat berbahaya agar tidak masuk ke otak, kata National Cancer Institute.

Jaringan penghalang ini memungkinkan beberapa zat penting, seperti air, oksigen dan karbon dioksida masuk ke otak, namun menjaga bakteri tetap di luar.

6. Pembuluh darah dapat dipengaruhi oleh cuaca. Sistem peredaran darah membantu menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

Saat cuaca panas, ukuran pembuluh darah akan bertambah luas supaya bisa membantu melepas panas. Hasilnya, tubuh akan mendingin. Setelah itu, pembuluh darah akan menyempit lagi untuk menjaga panas yang tersisa tidak keluar, agar suhu tubuh kita tetap normal, demikian menurut National Library of Medicine.

7. Es dapat juga memengaruhi pembuluh darah di kepala dan membuat Anda merasa pusing. Ketika sesuatu yang dingin menyentuh langit-langit mulut yang hangat, pembuluh darah lokal mengerut untuk meminimalkan area tubuh yang bersangkutan kehilangan panas. Setelah itu, pembuluh darah akan kembali rileks untuk memulihkan aliran darah.

Proses tersebut memicu nyeri yang Anda rasakan sebagai pusing atau kepala berdenyut, selama beberapa menit sampai tubuh bisa beradaptasi dengan perubahan suhu yang mendadak.

8. Cokelat juga bisa memengaruhi pembuluh darah. Makan cokelat dalam jumlah moderat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantungdan pembuluh darah, serta membantu menurunkan risiko penyakitjantung dan stroke.

9. Obesitas merusak pembuluh darah. Setiap kilogram lemak berlebih membutuhkan sekitar satu mil ekstra pembuluh darah dan itu berarti memerberat pekerjaan jantung.

10. Kerusakan pembuluh darah bisa dimulai sejak usia dini. Pembuluh darah mengalami perubahan sejalan dengan usia dan waktu tapi kerusakan dapat dimulai sejak dini, bahkan ketika kita masih kanak-kanak.

Obesitas saat remaja akan meningkatkan risiko penebalan arteri saat usia memasuki angka 30, kata American Heart Association.

Paparan asap tembakau menyebabkan kerusakan langsung paru-paru dan pembuluh darah di seluruh tubuh kita.