Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Euro Buat Harga Emas Terangkat

Gold and silver bars are pictured at the Austrian Gold and Silver Separating Plant 'Oegussa' in Vienna

Rifan Financindo Berjangka – Data ekonomi Amerika Serikat yang dirilis malam tadi cukup mengecewakan sehingga nilai tukar dollar mengalami penurunan tajam (3/6). Harga logam mulia mendapatkan dukungan untuk bergerak menguat dan ditutup naik di akhir perdagangan Rabu dini hari tadi. Para pelaku pasar masih menahan pembelian karena sedang mengamati kelanjutan penanganan utang Yunani.

Harga emas telah mengalami peningkatan ke atas level 1.200 dollar per troy ons untuk pertama kalinya pekan ini pada perdagangan sebelumnya tetapi tampak gagal untuk memepertahankan rally. Kenaikan harga emas terbatas karena data ekonomi Amerika Serikat masih mixed.

Nilai tukar euro yang mengalami peningkatan tajam terhadap dollar AS cukup memberikan momentum kenaikan pada perdagangan malam tadi. Euro menguat terhadap dollar dan mengalami kenaikan harian terbesar sejak pertengahan bulan Maret lalu. Diharapkan Yunani akan meraih kesepakatan dengan para krediturnya dan mengamankan bantuan tambahan untuk negara tersebut.

Di akhir perdagangan Rabu dini hari harga emas spot terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga logam mulia tersebut mengalami penutupan di posisi 1.192,70 dollar per troy ons. Dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya terjadi peningkatan sebesar 3,65 dollar atau 0,4 persen. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak bulan Agustus mengalami peningkatan sebesar 5,7 dollar dan ditutup di level 1.194,40 dollar per troy ons.

Pada perdagangan Selasa pagi harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang masih melanjutkan peningkatan. Harga saat ini diperdagangkan pada posisi 1183,25 dollar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan bergerak dengan kecenderungan untuk bergerak sideways dan terbatas di sesi Asia. Kemungkinan terjadi peningkatan lanjutan masih terbuka meskipun kenaikan yang akan terjadi akan tipis saja.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.200 ?dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.210 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.185 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.180 dollar.