Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Emas Mulai Bangkit Pasca Brexit Vote

rifan financindo berjangka

Rifan Financindo Berjangka – Semarang,?Emas bertahan di dekat ?level tertinggi dalam lebih dari dua tahun pada awal Selasa, didukung oleh permintaan safe-haven setelah pasar saham global anjlok pasca keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa.

Spot emas hampir datar di $ 1,324.60 per ons pada pukul 07:55 WIB. Spot emas naik 0,7 persen pada hari Senin.

Emas AS naik 0,2 persen menjadi $ 1,327.90.

Bullion rally 8 persen menjadi $ 1,358.20 pada hari Jumat, harga tertinggi sejak Maret 2014, dan berakhir naik 4,8 persen, kenaikan terbesar satu hari sejak Januari 2009 akibat warga Inggris memicu penjualan aset berisiko. Emas sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap risiko ekonomi dan keuangan.

Ekuitas global mengambil langkah lain turun di Asia pada Selasa, dengan pasar regional merosot.

Kepemilikan di SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas, naik 1,40 persen menjadi 947,38 ton pada hari Senin, tertinggi sejak Juli 2013.

Spot emas akan naik ke kisaran $ 1,483- $ 1,527 per ons selama tiga bulan ke depan, seperti yang disarankan oleh analisis Fibonacci retracement dan pola gelombang, menurut analis teknikal Reuters Wang Tao.

Emas naik untuk hari kedua, menambahkan lonjakan terbesarnya dalam tujuh tahun terakhir pada Jumat, karena dampak dari keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa mendorong permintaan haven.

Bullion meningkat seiring pound memperpanjang rekor aksi jualnya dan ekuitas Eropa jatuh ke level terendah sejak Februari. Emas melonjak 4,7 persen pada hari Jumat karena hasil referendum yang menyebabkan gejolak di pasar global, memacu lonjakan sebesar $ 4.3 miliar dalam kepemilikan dana yang didukung oleh bullion, kenaikan terbesar dalam empat tahun.

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 0,2 persen untuk berakhir di $ 1,324.70 per ons pada 1:44 siang di Comex di New York, gain dua hari terbesar sejak Agustus 2011.

Pasar emas tetap menguat pada hari Senin seiring kelanjutan ketidakpastian akan masa depan perekonomian Inggris pasca keputusan bersejarah Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa (UE) atau dikenal dengan Brexit. Kecemasan pasar menekan perdagangan aset lebih berisiko seperti saham dan minyak, sementara emas terus diuntungkan dalam periode ketidakpastian.

Pemerintah Inggris telah menyiapkan unit yang berisi para pejabat pemerintahan yang akan fokus mempersiapkan rekomendasi terkait Brexit, namun tidak menjelaskan rencana lebih lanjut. Sementara UE menolak pembicaraan informal dengan Inggris sampai ada proposal untuk keluar resmi diterima.

Meskipun dolar AS menguat dalam penurunan tajam poundsterling, emas tetap mampu membukukan kenaikan berkat pelemahan tajam saham-saham Eropa dan AS.

Harga emas berakhir di level $1326.55 per troy ons pada perdagangan hari Senin (27/6) atau naik $9.05 per troy ons dibandingkan harga penutupan sesi sebelumnya. Momentum bullish untuk emas membutuhkan konfirmasi penembusan resisten terdekat 1335. Support terdekat di area 1318.

Demikian kutipan Rifan Financindo Berjangka dari Bloomerg.