Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Emas Menguat, Minyak Turun

rifan financindo berjangka

Rifan Financindo Berjangka -?Harga emas sedikit berubah di sesi perdagangan Amerika pada Kamis malam, tetap berada dekat dengan level terendah tiga pekan yang disentuh kemarin malam. Pelaku pasar masih mengolah data AS yang beragam dan komentar Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi.

Emas untuk pengiriman Agustus di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik tipis 20 sen, atau 0,02%, diperdagangkan pada $1,319.50 per troy ounce pukul 19.56 WIB, setelah jatuh ke sesi terendah $1,310.70, level yang tidak terlihat sejak 24 Juni.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran awal dalam pekan yang berakhir 16 Juli turun 1.000 ke 253.000 dari total jumlah pekan sebelumnya sebesar 254.000. Analis memperkirakan klaim pengangguran meningkat 11.000 menjadi 265.000 di minggu lalu.

Secara terpisah, Federal Reserve Bank of Philadelphia mengatakan bahwa indeks manufaktur jatuh ke -2,9 bulan ini, dari pembacaan bulan Juni sebesar 4,7. Para analis telah memperkirakan indeks untuk meningkat menjadi 5,0 pada bulan Juli.

Sementara itu, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan bahwa pasar Eropa telah melewati Brexit dengan “dorongan ketahanan”, tetapi menegaskan bahwa bank sentral siap untuk bertindak dengan menggunakan semua instrumen yang tersedia di bawah mandatnya jika perlu.

Pernyataannya muncul setelah ECB mempertahankan suku bunga acuannya pada rekor terendah 0,0%, sejalan dengan ekspektasi pasar. Bank sentral juga mempertahankan suku bunga deposit facility tidak berubah pada -0,40% dan mempertahankan pinjaman marjinal sebesar 0,25%.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,3% di 96,87, turun dari level tertinggi empat bulan di sesi sebelumnya 97,37.

Dalam rangkaian laporan ekonomi optimis baru-baru ini, termasuk pembangunan perumahan dimulai bulan Juni, penjualan ritel, manufaktur ISM dan data pekerjaan semuanya lebih baik dari yang diharapkan, menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi kembali pada lajunya di kuartal kedua ini.

Data optimis bullish dapat memungkinkan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Suku bunga berjangka saat ini menghargai kesempatan 19% dari kenaikan suku bunga pada bulan September. Peluang Desember berada di 51%, dibandingkan dengan peluang kurang dari 20% seminggu yang lalu dan naik dari 9% pada awal bulan ini.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS. Kenaikan bertahap suku bunga yang lebih tinggi dipandang kurang mengancam harga emas daripada rangkaian peningkatan yang cepat.

Logam mulia ini naik hampir 25% sepanjang tahun ini, didorong oleh kekhawatiran atas pertumbuhan global dan ekspektasi stimulus moneter.

Emas berjangka menetap lebih tinggi pada hari kamis untuk menutupi kehilangan terbesarnya pada sesi sebelumnya, saat harga emas berakhir di level terendahnya dalam kurun waktu sekitar tiga minggu.

Pelemahan dalam dolar AS dan pasar saham membantu menarik investor ke logam mulia. Emas untuk pengiriman Agustus naik $ 11.70, atau 9%, untuk menetap di level $ 1,331 per ons, ?rebound dari penurunan 1% pada hari Rabu.

Minyak berjangka menetap di bawah level $ 45 per barel pada hari Kamis setelah pedagang merasa khawatir atas melimpahnya stok bensin AS dan perlambatan terbaru dalam penurunan produksi dalam negeri.

Kerugian dalam setengah jam terakhir perdagangan berakselerasi, menyusul kerugian tajam di pasar saham, kata Phil Flynn, analis pasar senior di Price Futures Group. “dan juga, pembicaraan mengenai Libya yang mungkin me-restart terminal ekspor nya,” sehingga menghentikan beberapa dorongan ke atas untuk minyak, katanya.

Minyak mentah WTI September turun $ 1, atau 2,2%, untuk menetap di level $ 44,75 per barel di New York Mercantile Exchange.

Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, Futures emas untuk penyerahan Agustus diperdagangkan pada USD1333.05 per troy ons pada waktu penulisan, meningkat 1.04%.

Instrumen ini sebelumnya diperdagangkan sesi tinggi USD1333.25 per troy ons. Emas?kemungkinan akan mendapat support pada USD1310.50 dan resistance pada USD1337.90.

Indeks Dolar AS yang memantau kinerja greenback versus keranjang enam mata uang utama lainnya, jatuh 0.20% dan diperdagangkan pada USD96.97.

Sementara itu di Comex, Perak untuk penyerahan September naik 1.53% dan diperdagangkan pada USD19.913 per troy ons sedangkan Tembaga untuk penyerahan September naik 0.22% dan diperdagangkan pada USD2.259 per pon.