Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Emas Diambang Tren Turun, Kisaran Perdagangan Menyempit

images (46)

European Central Bank menjadi bank utama yang pertama kali melakukan kebijakan suku bunga negative setelah Presiden ECB Mario Draghi menyatakan kebijakan tak lazim untuk menlawan deflasi. Harga emas mengalami kenaikan lebih dari 40% sejak akhir 2008 silam setelah berbagai kebijakan yang membuat peredaran uang naik mencapai rekor baru untuk mendorong pertumbuhan. Harga emas berjangka naik tipis kurang dari 1 persen hari ini.

Harga emas batangan berfluktuasi dalam 60 hari perdagangan terakhir dimana saat ini kisaran harga berada dibawah, terendah sejak April 2013. Nilai transkasi ETF juga mengalami penurunan sebesar $2.6 milyar pada bulan Mei ini. Ini merupakan penurunan nilai transaksi terbesar di tahun ini. Daya tarik emas sebagai safe haven memang memudar seiring dengan kenaikan bursa saham AS serta meredanya suhu politik konflik Ukraina dan Rusia. Setidaknya pada bulan lalu diperkirakan terjadi aliran modal ke pasar saham global sebesar $1.1 trillion.

Pasar memiliki karakter akan bereaksi manakala bank-bank sentral besar mengumumkan kebijakan, sebagaimana dalam teori Pavlovian. Pergerakan harga emas dalam perdagangan akhir pekan ini diperkirakan bersifat sementara melihat kecenderungan pasar juga masih bergerak dalam kisaran perdagangannya. Pasar masih menunggu sentiment yang lebih kuat sebagai katalis untuk bisa menembus batas kisaran perdagangannya itu.

Menjelang akhir perdagangan minggu ini, harga emas mengalami kenaikan tipis 0.7 persen ke $1,253.30 per ons di bursa Comex ? New York, kenaikan harga emas terbesar sejak 14 mei kemarin, catatn harga tahun ini masih naik 4.2 %.

ECB secara mengejutkan memangkas suku bunga deposito menjadi minus 0.1%. Mario Draghi, Presiden ECB juga menegaskan bahwa ECB akan memperkenalkan sasaran baru dalam kebijakan moneternya, menawarkan likuiditas bagi perbankan untuk mendorong mereka meningkatkan pinjaman.

Harga emas termahal pada September 2011 ke harga $1,923.70 sejalan dengan kebijakan stimulus global yang membuat para investor mencari asset yang lebih aman dalam menyikapi potensi kenaikan harga atau inflasi. Ancaman inflasi gagal terbentuk dan harga emas berbalik terjungkal bahkan langsung turun 28 persen pada 2013 kemarin, ini merupakan prosentase penurunan yang paling besar dalam tiga puluh tahun terakhir ini.

Pemicu jatuhnya harga emas tak lain adalah kebijakan Bank sentral AS, The Federal Reserve yang mulai memangkas besaran dana yang dipergunakan setiap bulannya untuk beli obligasi seiring sinyalemen membaiknya ekonomi AS. Bank Sentral AS memang melakukan pengurangan besaran dana bulanan hingga kini tinggal $45 milyar perbulan? setelah selama empat bulan beruntun hingga April kemarin telah dikurangi $10 milyar perbulannya. Harga emas batangan dibulan Mei mengalami penurunan 3.9 % yang menjadi penurunan harga emas batangan terbesar tahun ini, setelah pasar saham AS naik mencetak kenaikan tertingginya.

Sempitnya Kisaran Perdagangan Emas

Diperkirakan harga emas masih akan turun dan diakhir tahun bisa diharga $1,150. Sempitnya kisaran perdagangan emas saat ini, ditambah dengan jatuhnya harga secara perlahan-lahan menjadi indikasi nyata arah pergerakan harga emas. Harga emas mengarah untuk menembus kisaran perdagangan sebelumnya dengan membobol garis batas bawah. Dalam sepekan ini, kisaran perdagangan emas hanya sebesar $18 per minggu dibandingkan minggu sebelumnya yang memiliki kisaran hingga $51 sepekan.

Fluktuasi harga emas dalam 60 hari terakhir ini menunjukkan pergerakan harga emas dalam posisi termurahnya sejak 11 April 2013 silam. Jika dalam dua sesi kedepan harga emas mengalami koreksi hingga 13% maka pasar sudah masuk area Bearish. Pastinya, jatuhnya harga emas di 2013 telah menghentikan laju kenaikan harga emas dalam 12 tahun.

Pemegang investasi ETP berbasis metal mencapai posisi terendah sejak 2009 silam 2009. Lebh dari $73 milyar telah tergerus nilainya sepanjang 2013. Kontrak emas dalam perdagangan berjangka yang masih terbuka atau belum dilikuidasi juga mengalami penurunan dibulan April hingga ke angka terendahnya sejak Mei 2009.

Beberapa pelaku pasar memang merasa bosan dengan kondisi saat ini, pasar memang akan bergairah jika harga mengalami fluktuasi dan kisaran perdagangan yang lebih lebar.