Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Emas Dan Perak Melonjak

rifan financindo berjangka

Rifan Financindo Berjangka – Semarang,?Emas dan perak berjangka reli ke level tertingginya sejak 2014 pada Selasa ini, karena ketidakpastian ekonomi pasca-Brexit mendukung investasi haven yang relatif aman, termasuk emas dan perak.

Emas Agustus naik $ 19,70, atau 1,5%, untuk berakhir di $ 1,358.70 per ons setelah menguat 1,3% pekan lalu. Harga tersebut menandai penutupan tertingginya sejak Maret 2014, seperti yang ditunjukkan oleh data ?FactSet.

Perak September naik 31,9 sen, atau 1,6%, untuk berakhir di $ 19,907 per ons setelah mencapai level tertingginya di atas $ 20. Penutupan ini merupakan yang terkuat sejak Agustus 2014. Harga memperoleh kenaikan sebesar 10,1% pekan lalu, terbesarnya sejak Agustus 2013, menurut data FactSet.

Emas naik ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun dan perak melonjak karena risiko suasana hati memikat investor untuk aset haven terkait kekhawatiran gejolak politik dan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa akan membatasi pertumbuhan global.

Emas untuk pengiriman segera naik sebanyak 1 persen menjadi $ 1,370.62 per ons, level tertinggi sejak Maret 2014, dan diperdagangkan di $ 1,366.90 pada pukul 9:20 pagi di Singapura, memperpanjang keuntungan untuk sesi keenam. Perak meningkat sebanyak 2,4 persen menjadi $ 20,4103 per ons dan diperdagangkan di $ 20,2950.

Logam mulia menguat karena investor menghindari aset berisiko di tengah gejolak pasar akibat hasil dari pemilu Inggris. Keputusan ini meredupkan prospek kenaikan suku bunga Federal Reserve AS tahun ini dan juga telah mendorong spekulasi bahwa stimulus lebih lanjut kemungkinan bisa dari Bank Sentral Eropa dan Bank of Japan.

Emas menguat di tengah kekhawatiran Brexit dan perak terus lanjutkan reli yang mengesankan di sesi Asia pada hari Rabu dalam perdagangan tipis dengan beberapa pasar ditutup untuk menandai hari raya Idul Fitri dan tidak ada data regional yang besar ke depan.

Di divisi Comex Bursa Perdagangan New York, emas untuk pengiriman Agustus naik 0,50% menjadi $1,365.50 per troy ounce.

Perak untuk pengiriman Agustus melonjak 1,32% menjadi $20,172 per troy ounce, sementaratembaga berjangka untuk pengiriman September turun tipis 0,05% menjadi $2,138 per pon.

Semalam, emas melonjak lebih dari 1% pada hari Selasa meskipun dolar secara luas menguat, karena investor terus menumpuk dana ke aset safe-haven di tengah kekhawatiran meluasnya perlambatan ekonomi global.

Emas telah melayang dekati level tertinggi 27 bulan sejak melonjak hampir $100 per ounce dalam satu sesi pada akhir Juni setelah para pemilih di Inggris Raya menyetujui referendum membuka jalan untuk keluar dari Uni Eropa. Sejak dibuka di tahun ini sekitar $1.075, emas telah melonjak hampir 25% selama enam bulan terakhir, di tengah memuncaknya kekhawatiran resesi di seluruh dunia dan kenaikan suku bunga tertunda dari Federal Reserve.

Investor terus memonitor saham perbankan di Italia satu hari setelah muncul laporan bahwa Bank Sentral Eropa meminta Bank Monte dei Paschi di Siena untuk mempercepat pemangkasan Non-Performing Loan (NPL) yang merepotkan.

Pada hari Senin, Monte Paschi, bank ketiga terbesar di Italia, mengatakan menerima surat dari ECB meminta pemberi pinjaman agar datang dengan rencana bisnis tiga tahun untuk memotong jumlah Non-Performing Loan hampir setengah menjadi 14,6 miliar euro pada tahun 2018.

Surat itu datang dengan laporan bahwa perdana menteri Italia Matteo Renzi bisa memandang rendah aturan perbankan Uni Eropa yang menentang penyuntikkan dana likuiditas hingga ?150 miliar ke bank nasional untuk menyelamatkan sektor finansial yang bermasalah. Saham perbankan di Italia telah anjlok lebih dari 30% sejak referendum Brexit berlalu, memperpanjang penurunan tajam setahun sampai saat ini.

Masalah rumit, aturan Uni Eropa baru disahkan pada bulan Januari mencegah penggunaan dana publik untuk mendukung bank-bank bermasalah sampai kreditur dari sektor swasta telah “ditebus,” atau telah diasumsikan beban utang yang buruk sedang dihapuskan. Akibatnya, sejumlah investor yang memegang obligasi junior bisa menerima pukulan jika Uni Eropa melarang pemerintah Italia menyediakan bantuan darurat kepada bank.

Lebih luas, laporan tersebut memperburuk kekhawatiran bahwa Italia mungkin juga mempertimbangkan referendum untuk meninggalkan Uni Eropa, membantu kekhawatiran penularan dari runtuhnya potensi blok Eropa.

Emas merupakan aset safe haven bagi investor dalam periode ketidakpastian ekonomi yang signifikan.

Di tempat lain, para pejabat dari National Bureau Statistik China (NSB) mengumumkan pada hari Selasa bahwa hal itu mengubah metode untuk menghitung PDB nasional, menandai kedua kalinya biro tersebut telah membuat penyesuaian perhitungan dalam waktu kurang dari satu tahun. Penyesuaian kabarnya akan menambah $131 miliar bagi ekonomi terbesar kedua di dunia untuk tahun fiskal 2015.

Namun, koreksi juga bisa menyebabkan keprihatinan di kalangan ekonom terkait dengan penurunan lebih lanjut dalam ekonomi Cina setelah pertumbuhan PDB tahun lalu merosot di bawah 7,0% untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade.

China merupakan produsen emas terbesar di dunia dan konsumen terbesar kedua logam mulia setelah India.