Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

EMAS BERJANGKA BUKUKAN KENAIKAN SELAMA 5 HARI BERUNTUN

images (46)

Perdagangan bursa komoditi logam mulia di sesi hari Selasa kemarin, emas berjangka telah membukukan kenaikan 5 hari beruntun dengan ditutup lebih tinggi, diikuti dengan perak berjangka yang juga terpantau berakhir naik.

Emas berjangka pengiriman Agustus telah berhasil ditutup lebih tinggi $2.90, atau 0.2% dengan berdiri pada level $1.321.30 per troy ounce pada divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Harga emas telah membukukan kenaikan selama 5 sesi berturut-turut dengan mengalami kenaikan sebanyak $49 per troy ounce, atau hampir sebesar 4%.

Sementara itu, perak berjangka pengiriman Juli terpantau berakhir lebih tinggi 13 sen, atau sebesar 0.6% dengan ditutup di level $21.04 per troy ounce.

Faktor utama yang menjadi pendukung rally emas ketika ketegangan di wilayah Irak saat ini terus berlangsung dan tidak kunjung reda. Sedangkan pernyataan yang disampaikan oleh Gubernur Bank Sentral AS pada Kamis pekan lalu juga telah menjadi faktor pendukung lainnya, sehingga hal ini telah memberikan meningkatnya permintaan logam mulia sebagai aset safe haven di kalangan para pelaku pasar emas.

Harga emas sempat terpantu mengalami tekanan kebawah ketika sebuah laporan resmi data ekonomi AS menunjukkan hasil pertumbuhan ekonomi wilayah ini alami kenaikan yang kuat, namun penurunan harga emas tersebut masih belum mampu menguras rally yang telah di alami emas berjangka sejak pekan lalu.

Sebuah laporan resmi tersebut meliputi sebuah laporan dari Departemen Perdagangan AS yang menyatakan bahwa penjualan rumah baru di wilayah AS mengalami lonjakan sebesar 18.6%, atau sebanyak 504.000 unit rumah di bulan Mei, dimana jauh melampaui perkiraan ekonom dengan kenaikan sebanyak 440.000.

Dalam waktu yang bersamaan, laporan resmi lainnya juga turut hadir memberikan dukungan tekanan emas berjangka ketika Conference Board menyatakan bahwa kepercayaan konsumen di wilayah AS mengalami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 85.2 di bulan Juni, dari 82.2 di bulan Mei.