Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Emas Berakhir Turun, Dalam Perdagangan Elektronik Berakhir Naik

emasUS-700x357

Pada penutupan perdagangan di bursa komoditi, emas ditutup menurun namun dalam perdagangan elektronik sempat menguat dan di tengah kekhawatiran Bank Sentral AS akan kekuatan greenback yang sempat melemah di akhir perdagangan hari Rabu.

Emas untuk pengiriman Desember turun $6,40 berakhir di level $1.206 per ounce, namun dalam perdagangan elektronik yang alami kenaikan sebesar $10,90 di level $1,223.30. Sementara itu pada perak ditutup menurun 0,17% di level 17.362.

Harga logam mulia, khususnya pada perdagangan emas berjangka hari ini terpantau mencoba pulih kembali sejak tadi malam dengan diperdagangkan di atas level $1.200, ketika sempat mengalami penurunan tajam ditengah menguatnya kondisi tenaga kerja AS pada Jumat lalu yang menekan harga emas?hingga di bawah level $1.200. Serentak ketika dirilisnya penguatan kondisi pasar tenaga kerja AS terlihat memberikan dukungan bagi dolar AS untuk mengalami rally yang kuat sehingga melemahkan harga logam mulia, mengingat pergerakan greenback cenderung berlawan terhadap pergerakan emas maupun perak.

Sehubungan dengan penguatan yang terjadi pada kondisi pasar tenaga kerja AS tersebut, hal ini telah mendorong para pelaku pasar semakin yakin bahwa pengetatan kebijakan dari Bank Sentral AS akan semakin dekat, termasuk dihapusnya program pembelian obligasi The Fed yang saat ini sebesar $15 milyar per bulan, serta kenaikan tingkat suku bunga oleh The Fed yang lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Sementara itu, pada pekan ini pasar juga tengah berfokus kepada hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve AS di bulan September lalu yang dijadwalkan akan dirilis pada Kamis dini hari nanti, yang tentunya akan memberikan pergerakan bagi?pasar.