Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Eit! Jangan Asal Makan, Ini Asupan dengan Kadar Gula Tinggi

0d688b78afc9c1feeb265fb03b3831d0-066270300_1426749434-21

Rifan Financindo Berjangka – Konsumsi gula berlebihan membuat risiko diabetes menghantui. Karena itu perhatikan baik-baik makanan yang Anda konsumsi. Sebab di beberapa makanan tersembunyi kadar gula tinggi.

“Kadar gula yang tersembunyi banyak ditemui dalam kue, biskuit, tart, roti, dessert, yoghurt, minuman dingin seperti juice kemasan maupun minuman soda, snack-snack manis lainnya seperti cokelat, permen, manisan, dan lain-lain,” terang spesialis gizi klinik, dr Ida Gunawan, MS, SpGk dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Jumat (4/9/2015).

Sebagai contoh, donat dengan topping selai terkandung 3,5 sendok teh gula pasir, satu potong fruit cake ukuran medium, terkandung 5 sendok teh gula pasir. Sementara di satu sponge cake ukuran medium terkandung 5,5 sendok teh gula.

Dalam snack manis seperti cokelat juga bersembunyi kandungan gula cukup tinggi. Misalnya cokelat susu batangan 44 gram terkandung gula sebanyak 5,75 sendok teh. Meskipun memang banyaknya gula bervariasi antara merek yang satu dengan yang lain. Agar tidak merasa bersalah saat ngemil, ada baiknya Anda baca dulu kandungan gizi yang tercantum di kemasan.

Apa minuman Anda siang ini? Jika Anda menghabiskan satu cangkir teh manis dengan air sebanyak 240 ml dan gula sekitar 2 sendok makan, maka kandungan kalorinya sebesar 80 Kkal. Bila teh manis dikonsumsi bersamaan dengan sepotong pisang goreng lengkap dengan campuran tepung, maka kalorinya sebesar 182 Kkal.

Sedangkan teh manis yang dikonsumsi bersamaan dengan sepotong risoles dengan isian ayam dan sayuran memiliki kalori sebesar 155 Kkal. Seperti diketahui kalori berlebih bisa meningkatkan risiko diabetes.

Namun kalau Anda minum minuman kemasan seperti soda, jus buah botolan atau kalengan dan minuman berenergi, kandungan gula dalam satu kaleng umumnya lebih dari dua sendok makan, bahkan sampai dengan 7 sendok makan.

Tips Hindari Makanan Bergula Tinggi

Lalu bagaimana agar tidak sembarangan mengambil makanan berkadar gula tinggi? dr Ida memaparkan makanan dengan gula tinggi banyak dijumpai dalam camilan atau minuman kemasan, maka itu pilihlah makanan selingan yang kaya serat seperti buah, sayur, agar-agar atau cincau hijau dengan rasa alami saja.

“Dan minumlah minuman yang tawar saja seperti teh, air putih yang diberi lemon atau daun min juga bisa menjadi pilihan,” sarannya.

Jika tetap ingin minum minuman yang manis, jangan menambahkan gula secara berlebihan. Anda bisa menambahkan pemanis atau sweetener yang nol kalori dan rendah indeks glikemiknya.

Bagi pasien diabetes yang ingin minum susu, sebaiknya perhatikan baik-baik label kemasannya. Pastikan susu yang dikonsumsi memiliki nilai gizi lengkap dan seimbang. Yang tak kalah penting, pastikan juga susu yang diminum memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat diserap secara perlahan-lahan oleh tubuh.

(vit/up)