Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Dolar Kanada Ditutup Menguat Terdorong Janji Pemerintahan Yang Baru

canada-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Dollar Kanada dini hari (21/10) mengalami penutupan kuat terhadap mata uang rival dollar AS. Sentimen positif dolar Kanada datang setelah hasil pemilu dimenangkan oleh partai liberal yang dipimpin oleh Justin Trudeau secara mengejutkan meraup 184 kursi dari 170 yang dibutuhkan untuk mendapatkan mayoritas.

Dalam tantangan berat perekonomian Kanada saat ini yang mundur karena tekanan harga minyak dunia. Dalam peran kebijakan ekonomi, Mr. Trudeau menjanjikan fiskal yang ekspansif untuk mengimbangi dampak dari defisit oleh usulan anggaran untuk membiayai belanja infrasturktur, dan ia juga telah berjanji untuk menjaga defisit di ambang batas 10 Milyar dengan usulan biaya infrasturkturnya tersebut akan dibiayai dengan hutang.

Meskipun situasi pinjaman yang longgar dengan suku bunga rendah di Kanada, namun di masa depan akan memiliki hambatan dari dampak luas imbas dari kenaikan suku bunga The Fed, tantangan lain adalah ancaman tren harga minyak rendah akan mengurangi pendapatan Kanada dan berdampak pada pelebaran defisit melampaui batas yang dimaksudkan.

Pada agenda kalender ekonomi hari ini akan rilis pengumuman suku bunga Kanada yang diperkirakan tidak berubah setelah diturunkan tiga kali tahun ini, meskipun terdengar bahwa pemerintahan saat ini masih terus memerlukan pelonggaran. Sehingga diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan yang dovish untuk mengimbangi dampak penguatan dolar Kanada dibalik penetapan suku bunga tidak berubah.

Melihat kurs dolar Kanada pada pair USDCAD dini hari tadi ditutup turun dari pembukaan 1.3014 dengan capaian rendah 1.2934 dan tinggi 1.3046, dan saat ini (07:50:11 GMT+7) bergulir di kisaran 1.2987. Hari ini tidak ada data makro ekonomi AS akan rilis namun U.S. Energy Information Administration akan melaporkan posisi jumlah cadangan minyak AS per 16 Oktober yang diperkirakan turun. Data ini akan memberikan pergerakan menguat pada dolar Kanada.

Secara teknikal, Analyst Vibiz Research Center melihat pergerakan pair USDCAD? terus bertahan di bawah resisten 1.3000 menandakan tekanan jual yang masih mendominasi. Sehingga berdasarkan harga tinggi dan rendah sebelumnya, bila harga masih di bawah 1.3000 maka pelemahan lanjutan akan pada target support terdekat 1.2914. Namun Jika kembali di atas 1.3000 diperkirakan pegerakan harga akan sideways dengan kecenderungan menguji resisten 1.3050.