Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Diet ala vegetarian ampuh cegah kanker usus besar

soya

Rifan Financindo Berjangka –?Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya. Hingga saat ini kanker usus besar diketahui sebagai kanker pembunuh nomor tiga di dunia. Namun kini peneliti menemukan salah satu cara untuk menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Peneliti mengungkap bahwa salah satu faktor yang bisa menurunkan risiko kanker adalah diet. Melakukan diet tertentu bisa menurunkan risiko terkena kanker usus besar.Salah satunya adalah diet vegetarian.

Sebuah penelitian menemukan bahwa diet ala vegetarian bisa menurunkan risiko terkena kanker usus besar hingga 20 persen. Risiko terkena kanker bahkan bisa lebih kecil bagi vegetarian yang masih mengonsumsi ikan.

Sebaliknya, mengonsumsi daging merah ditengarai bisa meningkatkan risiko terkena kanker usus besar. Sementara makanan lain yang bisa mencegah kanker adalah makanan yang mengandung banyak serat.

Hasil ini didapat peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 77.000 orang dewasa. Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sayuran dan melakukan diet vegetarian memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus besar dan kanker dubur dibandingkan dengan orang yang tidak vegetarian.

“Dibandingkan dengan orang non-vegetarian, vegetarian memiliki risiko kanker usus besar 22 persen lebih rendah dan memiliki risiko kanker dubur 29 persen lebih rendah,” ungkap peneliti Michael Jorlich dari Loma Linda University seperti dilansir oleh?Health Me Up?(11/03).

Melakukan diet vegetarian tak hanya bisa menurunkan risiko kanker usus besar, melainkan juga bisa menurunkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes, dan lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada faktor lain yang bisa membantu menurunkan risiko kanker usus besar seperti berolahraga dan tidak merokok. Hasil penelitian ini dipublikasikan secara online oleh JAMA Internal Medicine.