Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Dana Tambahan Rp 100 Miliar per Kabupaten/Kota Hanya untuk Infrastruktur

Rifan Financindo Berjangka ? Dana tambahan Rp 100 miliar per kabupaten/kota yang diwacanakan Presiden Joko Widodo akan dianggarkan dalam APBN 2016 akan digunakan untuk penguatan desentralisasi fiskal.

?Tadi Mendagri sudah menyebut yang rata-rata Rp 100 miliar per kabupaten/kota itu yang kan kita gunakan untuk penguatan DAK (Dana Alokasi Khusus),? ujar Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, Jakarta, Rabu (29/4/2015).?

Bambang menjelaskan, pemerintah akan mendesain DAK yang lebih fleksibel dan sifanya?bottom-up. Usulan-usulan dari daerah akan disesuaikan dengan prioritas dari nasional.?

?Kemudian tidak ada dana pendampingan, sehingga daerah lebih bebas menggunakan uang tersebut untuk kepentingan infrastruktur daerahnya. Dan ini akan menambah DAK secara signifikan,? imbuh Bambang.?

Dia menegaskan, jika rencana tersebut disahkan, maka dana perimbanganan pada tahun anggaran 2016 yang mengalami kenaikan pesat adalah Dana Alokasi Khusus. Namun, DAK tersebut hanya untuk belanja infrastruktur.

?Tidak seperti tahun lalu top down sesuai list yang ada di kementerian lembaga. Sekarang ini adalah apa yang menjadi kebutuhan daerah yang utama yang penting masih di infrastruktur,? pungkas Bambang.