Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Cari Mobil di Internet Malah Dapat Duit

Rifan Financindo Berjangka – Pasar pencarian mobil tumbuh pesat di e-commerce. Bahkan 9 dari 10 orang yang melakukan pembelian, mencari referensi terlebih dulu di internet. Momentum ini menjadi peluang emas bagi situs jual beli online yang fokus di dunia otomotif.?

Mereka pun berlomba-lomba untuk menggaet pasar para pemburu mobil di internet dengan beragam penawaran. Beberapa yang paling gencar belakangan ini adalah iCar Asia dengan Mobile 123 dan Carmudi dari Rocket Internet.

iCar Asia bahkan berani bikin platform Rp 18 miliar untuk menghadirkan sistem manajemen Si Jari untuk portal Mobil123 di Google Play dan App Store. Terakhir mereka bikin program?cashback?dalam bentuk duit.

Setelah menggelar program bertajuk Angpao Mobil123, kini, situs e-commerce tersebut menggelar sebuah program baru bertajuk Kejutan Maret 2015. Dalam program ini, pencari mobil ditawarkan total hadiah hingga ratusan juta rupiah.

PC Gan, Country Manager Mobil123 mengatakan bahwa program ini selain bertujuan untuk menambah semangat para pencari mobil dalam mendapatkan kendaraan impian, sekaligus untuk mempererat hubungan antara situs mereka dengan para penggunanya.

“Program ini menunjukkan bahwa kami tidak hanya peduli dengan para penjual kendaraan. Kami juga peduli dengan para pencari kendaraan yang memanfaatkan portal Mobil123 untuk membantu mereka dalam mencari kendaraan impian,? kata Gan dalam emailnya kepada?detikINET, Senin (9/3/2015).

Menurutnya, sebuah kebanggaan tersendiri bila Mobil123 berhasil menjadi portal yang memberikan rekomendasi tepat bagi para pelanggannya. “Untuk itulah kami memberikan pilihan-pilihan kendaraan dari semua merek dan dari berbagai tahun pembuatan,? tambahnya

Program Kejutan Maret 2015 ini hanya berlaku di bulan ini saja, dengan penyerahan hadiah yang akan dibagi menjadi 2 periode. Periode pertama diserahkan pada tanggal 16 Maret 2015 dan periode kedua 7 april 2015.

Sementara Carmudi, setelah sebelumnya hanya hadir di aplikasi Android, belum lama ini merilis aplikasi untuk pengguna iOS. Perusahaan milik Rocket ini jelas ingin memanfaatkan momentum iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang sukses di pasaran.

“Aplikasi ini akan memungkinkan jutaan pengguna perangkat iOS di seluruh dunia untuk menjual dan membeli mobil impian mereka dengan hanya sekali tekan,” kata Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia.

Menurutnya, situs Carmudi telah memiliki lebih dari 1 juta pengunjung pada Januari 2015. Dengan lebih dari sepertiga dari penggunaan internet di dunia menggunakan ponsel, aplikasi iOS Carmudi diyakini akan lebih memperkuat dominasinya.

Berdasarkan riset NetApplications yang telah memantau data di lebih dari 40.000 situs web di seluruh dunia dan mencari tahu platform apa yang digunakan untuk online, pengguna platform iOS tercatat mencapai 44,19% sedangkan pengguna platform Android sejumlah 44.62%.?

Jika melihat persentase pangsa pasar Android berbanding dengan iOS saat ini, perusahaan analitik itu menilai, platform Android memiliki pangsa pasar 85%, sementara iOS hanya 11,9%. Namun disimpulkan, pengguna iOS ternyata tujuh kali lebih aktif dibanding Android.

“Saya optimistis dengan masuknya iPhone 6 dan 6 plus dapat mendorong pertumbuhan pengguna iOS. Pengguna iOS di Indonesia akan tetap tumbuh, terutama bagi segmen pasar premium yang rajin mengupgrade smartphone-nya setiap tahun,” pungkas van der Kolk.