Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Cara Instan Bikin Kerja Jadi “Fun”

Rifan Financindo Berjangka – Yang namanya kerjaan, seringkali memang tugasnya bikin kita bosan.
Bahkan kadang- kadang, walau awalnya menyenangkan dan bikin kita senang, setelah dijadikan rutinitas dan dilakukan setiap hari, aktivitas apapun bisa jadi kayak kuah nasi padang yang dibiarin seminggu di atas meja. Basi. Yang tadinya bikin kita ?on!? dan loncat- loncat senang, sekarang malahan bikin kita ngomong, ?Noooooo!?

Seperti ngeliatin aktor atau aktris kece. Kalau kelamaan bisa jadi enek juga. Atau seperti mendengar lagu yang kita suka, awalnya senang, tapi setelah diputar berulang setiap menit, jadi minta ampun. Seperti lagu Let It Go– nya Frozen yang dinyanyiin keponakan saya 1.723 kali. Ampuun...

Kalau yang kita suka saja sesekali bisa jadi membosankan, bagaimana yang enggak kita suka? Nah inilah yang biasanya bikin hari Senin jadi dimusuhi orang sekampung.
Jadi supaya kita bisa selalu menikmati aktivitas dalam profesi kita, berikut beberapa tips langsung dari buku saya ?Lakukan Dengan Hati?, yang bakal bikin kerja secara ajaib jadi lebih fun!

1. Bikin Aktivitas Anda Jadi Bermakna
Jangan pandang dan jalani aktivitas Anda ibarat paksaan atau sekedar mengugurkan kewajiban doang. Ini yang bikin apapun jadi terasa hampa. Tanyakan pada diri Anda, ?Kenapa Anda melakukan ini?? temukan alasan pribadi yang memotivasi Anda.
Tips: Pasang hal yang memberi makna itu ? mimpi, nilai hidup, foto keluarga, barang pribadi ? di area kerja Anda, dan minta keluarga Anda itu menuliskan kata motivasi yang hangat dan pribadi!

2. Ingat Manfaat Finansialnya
Uang bukan segalanya. Tapi kalau sampai Anda memilih, dan masih tetap ada di profesi ini sampai sekarang, artinya paling tidak, Anda membutuhkan uangnya. So untuk bikin Anda lebih melupakan keluhan Anda, pikirkan hasil yang Anda bawa pulang dari aktivitas ini.
Tips: Buat rencana bagaimana Anda akan memakai dan menikmati uang hasil kerja untuk Passion Anda, dan bersama orang terdekat Anda. Mau liburan ke mana? Mau belikan Anak Anda apa?

3. Tetapkan Tujuan dan Rencana
Oke, memang kantor Anda punya tujuan dan rencana buat Anda. Tapi kalau Anda cuma mengikuti rencana yang dibikin orang lain, Anda bakal cepat bosan, karena tidak merasa memiliki peran aktif dalam tujuan rencana itu.
Tips: Bikin tujuan dan rencana pengembangan diri pribadi Anda, sehubungan dengan aktivitas rutin Anda, yang nyambung dengan tujuan kantor Anda. Jadi kantor berkembang, Andapun berkembang!

4. Bikin Jadi Permainan
Kata siapa kerja nggak bisa dinikmati? Ketika kita tidak melibatkan diri dan tidak masuk ke dalam aktivitas kita, kita bakal mudah bosan dan mudah mengingat negatif dari aktivitas kita. Jadi solusinya, kita harus menantang diri kita dalam ?permainan pekerjaan?!
Tips: Anggap kerja Anda game. Bikin target-target pribadi, tantangan yang harus Anda pecahkan, dan achievement yang Anda dapat. Bahkan bikin hadiah untuk diri sendiri kalau Anda memecahkan rekor lama Anda!

5. Bikin Variasi Sederhana, tapi Berbeda
Seringkali yang bikin kita bosan adalah pengulangan rutinitas yang sama, itu- ituuuu saja. Jadi solusi untuk dengan instan bikin kerja jadi lebih fun adalah dengan menyelipkan hal yang berbeda!
Tips: Ubah urutan kerja Anda, ubah jalur ke kantor, ubah menu makan siang, ubah gaya baju Anda, ubah cara bicara Anda, ubah apapun, dan sekecil apapun hal yang bisa Anda ubah dari hari ke hari.

6. Bangun Relasi Lebih Baik Lagi
Percaya nggak percaya, sangat banyak orang yang tidak keluar dari pekerjaan dan profesi yang tidak disukainya semata karena ?Sayang sama teman- teman kerja?. Membina hubungan akrab dengan teman kerja, dan punya relationship yang baik dengan mereka akan bikin kerja terasa lebih seru!
Tips: Bina hubungan baik dengan rekan kerja, bikin ?habit? bersama yang seru, seperti makan bareng, sesi sharing bareng, bikin klub hobi, bertukar ide dan tugas, dan lain- lain.

7. Tetapkan Waktu Untuk Berkarya.
Ketika semua usaha untuk menikmati pekerjaan Anda gagal, maka ada kemungkinan Anda harus mulai merencanakan hijrah profesi ke profesi yang lebih ?Anda Banget?. Dan ini artinya Anda harus menyiapkan diri untuk berkarya sesuai Passion Anda, dari sekarang. Lucunya, saat Anda mulai berkarya dalam Passion, antusiasme Anda akan menular, dan bikin pekerjaan Anda ini lebih fun!
Tips: Rencanakan waktu dua jam per hari untuk berkarya sesuai minat Anda, untuk mempelajari bidang profesi yang Anda suka, dan untuk memulai profesi itu. Juga, tetapkan deadline dan tanggal untuk memulai langkah di profesi baru Anda itu!

Itulah beberapa tips sederhana untuk bikin pekerjaan dan aktivitas sehari-hari Anda lebih seru dan menyenangkan! Karena menikmati pekerjaan dan profesi kita itu wajib hukumnya!
Baca lebih banyak tips enjoy dan metoda self- coaching di buku saya, ?Lakukan Dengan Hati?.