Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Bursa Tiongkok Ditutup Naik 2% Didukung Saham Komoditas

Sore hari ini bursa saham China mengalami penutupan pada level paling tinggi dalam lebih dari dua minggu belakangan (12/5). Bursa saham terangkat setelah Majelis Negara mengumumkan cetak biru reformasi di pasar modal pada hari Jumat pekan lalu. Salah satu kebijakan dalam cetak biru tersebut adalah rilis obligasi langsung bagi pemerintah lokal dan penghapusan beberapa pembatasan penjualan derivatif.

Saham-saham berbasis komoditas tampak menjadi pendorong menguat tajamnya bursa saham Shanghai hari ini. Yangquan Coal dan Lu?An Environmental Energy mengalami rally hingga mencapai batas trading harian dengan kenaikan 10 persen. Jiangxi Copper melesat kencang dan ditutup naik 6.8 persen.

Saham bank dan broker mengalami peningkatan juga pada perdagangan hari ini. Citic Securities mengalami penutupan naik sebesar 4 persen dan Founder Securities menguat sebesar lebih dari 3 persen.

Di akhir perdagangan hari ini indeks benchmark di bursa saham Tiongkok mengalami peningkatan yang cukup mengesankan. Indeks komposit Shanghai berakhir dengan membukukan kenaikan sebesar 41.74 poin atau 2.08 persen di posisi 2052.87 poin.

Pergerakan bursa saham Tiongkok ?untuk perdagangan besok akan cenderung mencari arahan dari bursa saham AS dan Eropa. Para investor masih akan mengamati perkembangan dari tensi geopolitik yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti Ukraina, Thailand dan Vietnam.