Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Bursa Saham Melejit, Harga Emas Pekan Lalu Ditutup Terpukul

gold1-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Harga emas spot LLG pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu anjlok tajam (27/4). Harga logam mulia ditutup turun tajam dan sempat mencapai posisi paling rendah dalam lebih dari satu bulan belakangan. Harga emas juga menggenapi penurunan mingguan untuk 3 kali berturut-turut. Membaiknya kondisi bursa saham global mengakibatkan pergeseran minat dari investasi safe haven ke investasi yang memberikan return lebih besar.

Anjloknya harga emas pekan ini mencapai 2,2 persen. Penurunan mingguan ini merupakan yang paling tajam dalam tujuh minggu belakangan.

Bursa saham global mencapai level tertinggi sepanjang sejarah pada hari Jumat lalu. Beberapa update korporasi di Eropa dan booming post-dotcom di Nasdaq mengembalikan optimisme para investor. Kondisi ini mengakibatkan para pelaku pasar melelapskan investasi dalam emas dan beralih ke investasi saham.

Penurunan harga emas terjadi meskipun dollar AS sedang melemah. Indeks dollar mencapai level paling rendah dalam tiga minggu terakhir setelah data durable goods erders di bulan Maret menunjukkan terjadinya penurunan.

Harga emas spot pada akhir perdagangan Sabtu dini hari ditutup pada posisi 1.178,15 dollar per troy ons. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan tajam sebesar 15,60 dollar atau setara dengan 1,3 persen dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas spot sempat menyentuh level 1.175,05 dollar yang merupakan posisi terendah sejak tanggal 20 Maret lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan bergerak dengan kecenderungan menguat terbatas di sesi Asia. Rebound kemungkinan akan terjadi setelah harga di akhir pekan anjlok ke posisi terendah dalam lebih dari satu bulan belakangan. Meskipun demikian harga emas sendiri belum menemukan pijakan yang cukup kuat untuk bisa melanjutkan peningkatan dengan mantap.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.190 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.200 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah lanjutan harga akan mengetes level support pada posisi 1.175 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.165 dollar.