Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Bursa Asia Flat Akibat Melemahnya Prospek Global

nikkei22-700x357Rifan Financindo Berjangka -?Bursa saham Asia pada perdagangan Rabu pagi (6/4) mampu menguat setelah jatuh tajam pada perdagangan sebelumnya. Namun kenaikan pagi ini tidak signifikan menyusul data ekonomi Amerika Serikat dan Eropa yang dibayangi pada prospek pelamatan ekonomi global.

Indeks kawasan Asia Pasifik di luar Jepang, MSCI index naik 0,1 persen pada awal perdagangan, setelah sebelumnya jatuh 1,6 persen, penurunan terbesar dalam hampir dua bulan. Jepang Nikkei N225 dibuka mendatar setelah melemah 2,4 persen pada Selasa.

Di Wall Street, indeks S&P 500 kehilangan 1,01 persen pada Selasa karena investor mengambil keuntungan menjelang musim laporan triwulanan yang diproyeksi pendapatan sejumlah emiten melemah tajam.

Selain itu, defisit perdagangan AS melebar lebih dari yang diharapkan pada bulan Februari. Hal ini indikasi terbaru bahwa pertumbuhan ekonomi di ekonomi terbesar dunia itu melemah pada kuartal pertama. Departemen Perdagangan AS menunjukkan defisit perdagangan internasional selama Februari meningkat lebih buruk dari perkiraan menjadi negatif US$ 47,1 miliar.

Menambah kesuraman, Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan pada hari Selasa bahwa ekonomi global mulai pulih namun pertumbuhan rapuh dan melemah, sehingga meningkatkan risiko.

“Komentarnya menyatakan bahwa perkiraan ekonomi global akan direvisi turun,” kata analis strategi senior di Sumitomo Mitsui Asset Management, Masahiro Ichikawa, Rabu (6/4).

Harga minyak memperpanjang rebound mereka setelah Kuwait bersikeras untuk membekukan produksi pada akhir bulan ini meski Iran menolak rencana tersebut.

Minyak mentah Brent berjangka LCOc1 naik 1,6 persen menjadi US$ 38,48 per barel.