Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Buka Usaha dengan Modal Kartu Kredit? Bisa Kok

109344_ilustrasi-kartu-kredit_663_382

Rifan Financindo Berjangka – Kartu kredit ternyata tidak selalu identik dengan pengeluaran yang sifatnya konsumtif, atau hanya untuk pembayaran sejumlah pengeluaran. Bagi sebagian orang, terutama pelaku bisnis yang cerdas, kartu kredit secara kreatif bisa digunakan sebagai salah satu alternatif modal usaha.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan kartu kredit, jika digunakan sebagai modal usaha, namun kita harus tetap waspada karena sisi-sisi negatif, atau kerugiannya tetap ada.

Kemudahan untuk mengajukan kartu kredit, merupakan faktor pemikat utama bagi pelaku bisnis untuk memalingkan wajahnya dan menggunakan kartu sakti ini untuk modal memulai usaha.

Apalagi, di tengah sulitnya mendapat pinjaman kredit usaha bagi pelaku bisnis menengah ke bawah, atau bagi pemula yang belum memiliki usaha yang mapan, penggunaan kartu kredit merupakan solusi yang paling mudah untuk mendapatkan modal usaha tanpa agunan atau persyaratan yang rumit.

Namun, meskipun sejuta kemudahan yang ditawarkan, Anda harus pintar memilah dan memilih kartu kredit mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda selaku pelaku bisnis pemula, atau pebisnis yang tergolong menengah ke bawah.

Ada beragam jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh perbankan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, dan kita harus memiliki pengetahuan yang cukup sebelum membuat pengajuan, atau menggunakan kartu kredit untuk modal usaha.

Berikut, tips yang bisa dijadikan referensi agar cermat menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha :

1.? Kesehatan keuangan pribadi

Salah besar jika kita berpikir bahwa menggunakan kartu kredit untuk modal usaha tidak berkaitan dengan keuangan pribadi. Kartu kredit umumnya digunakan untuk pengeluaran pribadi yang sifatnya konsumtif, sehingga sulit untuk membedakan antara penggunaan kartu kredit untuk keuangan pribadi, atau pun untuk modal usaha.

Untuk itulah penting bagi Anda untuk membatasi, atau bahkan tidak menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran lainnya, jika sudah digunakan untuk modal usaha. Sebab, pihak pemberi kredit biasanya akan melihat rekam jejak pembayaran kredit, jika Anda mengajukan limit yang cukup tinggi untuk modal bisnis. Baca Juga : Lima Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula.

2. Persyaratan yang ditetapkan bank dan skema kartu kredit

Sebelum mengajukan kartu kredit, terutama untuk tujuan modal usaha, pastikan mengetahui semua persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Bank. Antara lain, batas minimum saldo, batas waktu pembayaran, bunga, dan besarnya denda jika terlambat melakukan pembayaran.

Selain itu, pelajari juga skema kredit yang ditawarkan oleh pihak penerbit kartu kredit tersebut. Misalnya, berapa lama tempo pembayarannya, besarnya bunga dibebankan untuk setiap transaksi dan penarikan tunai, besarnya denda yang ditetapkan, serta fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh pihak penerbit kartu kredit. Pengetahuan dasar ini sangat penting, agar langkah kita menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha tidak membebani kesehatan finansial setelahnya.