Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Buka-Bukaan BI Jaga Rupiah di Tengah Awan Hitam Global

Related image

pt rifan financindo – Bank Indonesia (BI) terus berupaya menjaga nilai tukar rupiah bergerak stabil. Namun, di tengah kondisi global yang tak menentu, bank sentral meningkatkan kewaspadaannya.

Apakah ada strategi khusus dalam menjaga gejolak nilai rupiah?

“Apa yang kami lakukan tak berubah kami menggunakan triple intervention,” kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah saat berbincang dengan Erwin Surya Brata.

Triple Intervention yang dimaksud Nanang adalah intervensi di Surat Berharga Negara (SBN) melalui buyback. Kemudian melakukan lelang Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), serta intervensi langsung di pasar spot valas.

“Kami siaga memantau dinamika di pasar SBN. Kami juga memantau penarikan dana oleh asing, Kami menjaga pasar bond stabil, kalau tak stabil nanti akan memukul rupiah,” katanya.

Nanang mengatakan dinamika global harus dipantau 24 jam. Tekanan bisa terjadi di malam hari ketika pasar AS buka dan paginya rupiah harus ditahan pelemahannya.

“Transaksi di interbank sangat dinamis begitu kurs melemah selalu muncul supply dari perbankan dan eksportir, yang semakin rajin menjual valas, ini menjaga rupiah lebih stabil.”

Baca juga :

pt rifan financindo

rifanfinancindo

rifan financindo

Sumber : CNBC Indonesia

PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG