Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Berpotensi Over Supply, Gandum Melemah Sepanjang Pekan Lalu

wheat-wheat-692x357

Harga gandum terpantau mengalami pelemahan sepanjang pekan lalu di Bursa CBOT. Pelemahan harga gandum dipicu oleh wacana potensi oversupply gandum global pasca rilis data USDA.

Rilis data USDA yang mencakup estimasi output serta cadangan gandum AS dan persediaan gandum global memicu anjloknya harga gandum pada perdagangan pekan lalu. Prediksi peningkatan terhadap ketiga data estimasi tersebut berdampak pada kekhawatiran global akan terjadinya penumpukan yang berimbas pada pelemahan harga gandum dari sisi supply.

Selain rilis data USDA, kondisi cuaca yang kondusif di AS juga memicu anjloknya harga gandum. Kondisi cuaca yang kondusif berimbas pada kelancaran masa tanam gandum baru dan juga perbaikan kondisi gandum musim dingin yang sebelumnya terancam mengalami kerusakan.

Pada perdagangan pekan lalu, secara agregat harga gandum turun signifikan imbas pelemahan sepanjang pekan di Bursa CBOT. Harga gandum berjangka untuk kontrak Juli 2014 anjlok 6,67% ke tingkat harga $6,742/bushel atau melemah hingga $0,482/bushel.

Harga gandum diprediksi masih akan melanjutkan trend pelemahan pada perdagangan pekan ini. Hal tersebut dilandasi oleh kuatnya sentimen negatif akibat tekanan sisi supply gandum dan masih belum adanya dorongan isu yang dapat menjadi alasan peningkatan harga gandum.

Gandum Mei

?