Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Berkreasi Menggunakan “Pena Ajaib” Di Galaxy Note 7

rifanfinancindo

Rifan Financindo – Semarang,?Sebagai fitur ikonik di seri perangkat Galaxy Note, keberadaan stylus S Pen sangat penting. Di Galaxy Note 7, Samsung bekerja keras membuat S Pen jauh lebih baik, dari segi desain maupun kemampuannya.

Berikut catatan Rifanfinancindo?yang merasakan langsung kemampuan S Pen di Galaxy Note 7, usai peluncurannya di Hammerstein Ballroom, New York, Amerika Serikat, pekan lalu.

Desain

Sekilas, S Pen di Galaxy Note 7 tampak sama seperti di seri pendahulunya, Galaxy Note 5. Namun jika diperhatikan lebih detail, Samsung membuat stylus andalannya tersebut tampil lebih ramping. Ujung stylus pun dibuat lebih tajam dan kecil dengan ukuran hanya 0,7 milimeter.

Desain ini kemudian berpadu dengan tingkat sensitivitas dua kali lebih tinggi dibandingkan S Pen Galaxy Note 5. Alhasil, goresan di layar lebih presisi saat digunakan menulis atau menggambar.

Upaya meniru kemudahan dan akurasi pena sungguhan tampaknya berhasil. S Pen Galaxy Note 7 menawarkan pengalaman yang mirip seperti menggoreskan pena konvensial.

S Pen Takkan Terbalik

Masih berhubungan dengan desain, namun lebih spesifik. Samsung menjawab isu pen-gate yang dulu sempat menghebohkan di seri Galaxy Note 5. Rusaknya Galaxy Note 5 karena tak sengaja memasukkan S Pen secara terbalik, mendorong Samsung melakukan perubahan desain S Pen untuk Galaxy Note 7.

Untuk membuktikannya, Rifanfinancindo?sempat mencoba memasukkan S Pen secara terbalik, dan gagal. Saat diperhatikan lebih dekat, bagian pangkal S Pen kini memang dibuat agar tidak bisa dimasukan secara terbalik. Jadi, pengguna tak perlu khawatir salah memasukkan S Pen dan harus ‘membongkar’ Galaxy Note 7.

Menulis dalam Air

Berkat sertifikasi IP68 yang diusungnya, keseluruhan body Galaxy Note 7, termasuk S Pen-nya, menjadi tahan air. Ini memungkinkan pengguna memakai handset tersebut dalam keadaan basah.

Di arena hands on experience usai acara peluncuran, Samsung bahkan memamerkan bagaimana S Pen bisa digunakan menulis dalam kondisi handset dicelupkan ke dalam air. Demonstrasi ini ingin memperlihatkan bahwa Galaxy Note bisa tetap digunakan dalam situasi seperti saat kehujanan, atau bagi para pengguna yang karena pekerjaan sehari-harinya, seringkali harus bersinggungan dengan kondisi basah.

Screen off Memo

Seringkali harus terburu-buru mencatat sesuatu? S Pen Galaxy Note 7 menjawab kebutuhan tersebut. Ada fitur screen off memo, yang memungkinkan kita menulis tanpa repot unlock ponsel dan harus membuka aplikasi note terlebih dahulu.

Kita bisa langsung menulis meski layar ponsel dalam keadaan mati. Tinggal keluarkan S Pen dari tempatnya dan layar akan mendeteksi perintah screen off memo. Selesai mencatat, tulisan bisa disimpan. Jadinya gampang dan cepat.

Penerjemahan dan Kaca Pembesar

S Pen di Galaxy Note 7 bisa berfungsi sebagai alat penerjemah berbasis Google Translate. Tak perlu repot membuka aplikasi penerjemahan atau mengakses Google Translate, karena ujung stylus S Pen langsung menghubungkannya. Caranya, dengan mengaktifkan fitur translate, mengarahkan S Pen ke kata asing, dan arti kata akan langsung muncul sesuai bahasa yang sudah kita pilih sebelumnya.

Fungsi ini bisa juga bekerja pada foto. Misalnya, menerjemahkan menu makanan asing yang kita potret. Karena terintegrasi dengan Google Translate, pilihan bahasanya pun banyak, mencakup hampir seluruh bahasa di dunia, termasuk Indonesia. Sayangnya, penerjemahan S Pen belum bisa per kalimat secara utuh. Meski demikian, fitur ini tetap bermanfaat untuk penerjemahan per kata.

Samsung juga menambahkan fitur Magnify. Sesuai namanya, Magnify bisa memperbesar area tertentu pada layar. Fungsi ini berguna seperti kaca pembesar, hanya saja dilakukan di permukaan layar sebuah ponsel. Pembesaran bisa dilakukan hingga 300%.

Selain Translate dan Magnify, Samsung juga menambahkan Glance. Fitur ini memudahkan pengguna saat harus membuka beberapa aplikasi, dan berganti-ganti di antara satu dengan lainnya. Caranya, dengan mengarahkan S Pen ke thumbnail aplikasi yang akan ditampilkan seperti melayang di layar.

Bikin Animasi GIF Sendiri

Kemampuan fitur Smart Select ditambah, tak hanya untuk mengedit foto dan video. Di Galaxy Note 7, kita bisa memanfaatkan S Pen untuk membuat animasi GIF sendiri dari sebuah video. Untuk menggunakannya, pilih Smart Select saat memutar video, kemudian pilih area yang ingin dijadikan GIF. Selanjutnya area yang sudah dipilih akan langsung jadi animasi GIF yang bisa disimpan dan dibagi ke media sosial.

Opini?

Seperti seri Galaxy Note sebelumnya, kemampuan S Pen jadi keuntungan utama memiliki Galaxy Note 7. S Pen menawarkan kemudahan untuk menulis pesan penting, mengedit gambar atau apapun selain menggunakan sentuhan jari.

Dengan sejumlah tambahan keajaiban, S Pen di Galaxy Note 7 membuatnya jauh lebih mudah dan lebih cepat lagi. Bonusnya, S Pen kini tahan air sehingga bisa dipakai dalam kondisi basah.

Setelah ini, S Pen bisa jadi standar baru sebuah stylus yang mengombinasikan kecanggihan fitur, fungsi yang lengkap, serta pengalaman natural seperti menggoreskan pena di atas kertas.