Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Belajar Aksara Jawa Pakai Aplikasi Android

Rifan Financindo Berjangka – Aksara Jawa hanya salah satu dari sekian banyak kekayaan budaya Indonesia. Agar tetap dikenal generasi sekarang, sekelompok developer membuat aplikasi Android belajar aksara Jawa.

Di sejumlah sekolah di daerah Jawa, terutama di Jawa Tengah dan Jogjakarta, aksara Jawa masih menjadi salah satu mata pelajaran wajib. Menurut pengakuan sejumlah siswa, mereka kerap kesulitan mempelajari bentuk tulisan yang unik tersebut.?

Adalah Muhfau, developer aplikasi asal Boyolali punya ide mengembangkan ‘Nulis Aksara Jawa’. Aplikasi tersebut diharapkan bisa membantu pengguna membaca dan menulis tulisan dalam aksara Jawa. Tak hanya untuk siswa, tetapi bagi pengguna umum yang mempelajarinya.?

Melalui keterangannya yang dikutip?detikINET, Senin (9/3/2015), Muhfau mengatakan Nulis Aksara Jawa sangat mudah digunakan. Aplikasi ini punya fitur konversi tulisan dari huruf latin menjadi aksara Jawa dan sebaliknya.?

“Untuk fitur konversi tulisan dari huruf latin menjadi aksara Jawa, pengguna cukup menuliskan kata atau kalimat dengan keyboard lalu menekan tombol konversikan, maka tulisan dalam bentuk aksara Jawa hasil konversi akan tampil di layar,” terang Muhfau.?

Selain itu, tulisan aksara Jawa hasil pencarian dapat disimpan sebagai gambar sehingga dapat dibagikan untuk teman-teman maupun diupload ke media sosial.?

Begitu juga sebaliknya, untuk fitur konversi tulisan dari aksara Jawa menjadi tulisan latin, di layar monitor disajikan keyboard aksara Jawa yang dapat mengetikkan huruf-huruf dalam bentuk aksara Jawa.

Jadi, pengguna hanya tinggal mengetikkan kata atau kalimat dalam aksara Jawa melalui keyboard tersebut, dan di layar akan tampil hasil konversi dalam bentuk tulisan latin.

Selain dua fitur utama di atas, aplikasi ini juga bisa menggunakan input suara untuk menu konversi tulisan latin menjadi aksara Jawa. Tinggal mengucap kata atau kalimat yang dimaksud, maka di layar akan muncul hasil konversi dalam bentuk aksara Jawa.?

Kemudian untuk menu konversi tulisan aksara Jawa menjadi tulisan latin terdapat pula fitur teks menjadi suara. Perangkat Android pengguna nantinya bisa mengucapkan tulisan yang telah diketikkan dalam aksara Jawa sehingga pengguna tahu cara pengucapan yang benar.?

Muhfau mengklaim aplikasinya ini mendapat respons cukup baik. Saat ini, aplikasi tersebut sudah didownload leih dari 5.000 kali, dan mendapat review positif dengan rata-rata rating 4.3 bintang.

Sekilas mengenai Muhfau,?startup?ini memang mengembangkan aplikasi mobile khusus Android. Aplikasi yang dibuat diantaranya memang bertujuan mengangkat konten-konten lokal yang mengangkat budaya Indonesia.