Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Bayar Rp 20 Juta, Pembuat Ijazah Palsu Juga Janjikan Wisuda di Kampus

2002544-ijazah-dan-uang-780x390

Rifan Financindo Berjangka – Kala uang sudah bicara, pelaku pembuat ijazah palsu, yakni Mr X, bisa menjanjikan wisuda resmi bagi kliennya. Hal ini terjadi untuk klien Mr X yang memesan ijazah palsu dari Universitas M, di bilangan Jakarta Selatan.

“Di Universitas M, bisa ikut dan dapat undangan wisuda. Tapi mahal, bisa sampai Rp 20 juta,” kata Mr X, saat ditemui Kompas.com disebuah tempat di Jakarta Timur, Selasa (26/5/2015).

Hal ini dikarenakan Mr X mengaku memiliki kenalan dosen di sana. Tak hanya itu, Mr X mengatakan, kliennya dari kampus itu bisa dengan singkat mendapatkan ijazah bikinannya.

“Kalau Universitas M itu ada duitnya sekarang. Mau ditunggu tiga jam langsung jadi,” tutur Mr X.

Melalui seorang sumber, Kompas.com dapat menemui Mr X setelah membuat penyamaran untuk memesan ijasah dari sebuah perguruan tinggi di Jakarta. (Baca: Menelusuri Transaksi Penjualan Ijazah Palsu di Jakarta)

Sebelumnya, kasus pembuatan ijazah palsu terbongkar setelah polisi menahan dua tersangka praktik ilegal tersebut. Keduanya ditangkap di kiosnya yang ada wilayah Salemba, Jakarta Pusat, berhadapan dengan Jalan Raya Pramuka, Matraman, Jakarta Timur.

Kedua tersangka mematok biaya Rp 3 juta hingga Rp 45 juta untuk pembuatan ijazah. Setelah kasus ini, polisi melakukan penangkapan besar-besaran. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir juga telah melaporkan kasus ini ke Bareskrim Polri.