Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Aussie Sesi Asia 13 Agustus Sepi Arahan, Mencoba Pertahankan Bullish

aussie

Rifan Financindo Berjangka – Kurs Aussie dini hari tadi (13/8) ditutup menguat terhadap dollar AS meski sempat terdorong turun oleh kebijakan tak terduga dari bank Tiongkok (PBoC) yang kedua kalinya melakukan devaluasi mata uang Yuan yaitu sebesar 1,9% dan 1.6% membuat Aussie anjlok hingga membentuk terendah baru. Aussie mampu mengangkat kembali setelah kata-kata Deputi Gubernur RBA? Philip Lowe bahwa tindakan bank sentral Australia saat ini tengah melindungi kondisi ekonomi dari dalam.

Lowe mencatat bahwa RBA tidak nyaman dengan utang rumah tangga yang meningkat akibat suku bunga rendah dan ini mengisyaratkan bahwa pemotongan suku bunga lebih lanjut tidak mungkin dilakukan bank sentral karena tidak ingin ledakan belanja rumah tangga didorong oleh utang. Pernyataan ini mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga RBA akibat kekhawatiran tanda-tanda akan kemerosotan ekspor akibat daya beli Yuan mata uang Tiongkok turun karena devaluasi. Hal ini membuat AUDUSD hari itu pulih kembali dan mampu terangkat, namun dampak sesungguhnya akan dibuktikan ?oleh neraca perdagangan Australia?pada laporan mendatang.

Di sesi New York juga AUDUSD mendapat penguatan terhadapa dollar AS setelah data-data malam tadi di kawasan ekonomi AS terlihat kurang menarik. Dollar AS mendapat pukulan dari kondisi lowongan pekerjaan AS (JOLTs Job Opening) bulan Juni sebanyak 5.25 million di bawah perkiraan 5.3 million, kemudian diperparah dengan? laporan kondisi anggaran Pemerintah AS (Monthly Budget Statment) bulan Juli defisit 149.2 billion dollar AS dari surplus sebelumnya 51.8 billion dollar AS.

Kondisi di atas membuat AUDUSD berbalik rally dan ditutup billish di harga 0.7378 dari terendah sesi Asia kemarin di harga 0.7215 setelah dibuka di harga 0.7303. Saat ini (00:15:11 GMT) AUDUSD mencoba terus di teritori positif dan bergulir di kisaran harga 0.7384 naik dari penutupan 0.7378. Di sesi Asia hari ini tidak ada arahan data fundamental dari Australia namun akan dijadwalkan ada kata-kata yang akan disampaikan dari pihak RBA pagi ini. Sementara AS malam nanti akan melaporkan kinerja bisnis retail dan jumlah klaim pengangguran per 8 Agustus.

Secara teknikal,? Analyst Vibiz Research Center? melihat AUDUSD time frame H4 masih melakukan penolakan pelemahan lanjutan setelah menyentuh harga kisaran 0.7235 terlihat pada chart H4 belum mampu melakukan penutupan di bawah harga tersebut. Sehingga diperkirakan pelemahan lanjutan tersebut gagal, selanjutnya harga akan cenderung sideways dan mengarah pada penguatan terbatas untuk menguji resisten kisaran 0.7430. Namun jika harga belum mampu mengatasi resisten terdekat kisaran 0.7389 maka akan menguji?support terdekatnya berada di kisaran 0.7336.