Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Aksi Mogok di Kuwait Menopang Harga Minyak

monexnews_oil_1Rifan Financindo Berjangka -?Harga minyak bertahan di atas level $40 per barel pada sesi perdagangan Eropa hari Selasa seiring aksi mogok pekerja minyak di Kuwait memangkas produksi sebanyak hampir separuh, membantu meredam sentimen pasca kegagalan untuk menyepakati pembekuan tingkat output oleh negara produsen minyak pada hari Minggu lalu.

Ribuan pekerja minyak di Kuwait mogok untuk ketiga harinya pada hari Selasa sebagai aksi protes terhadap rencana reformasi upah sektor publik, memangkas output minyak mentah menjadi 1.5 juta barel per hari, menurut juru bicara minyak yang dilansir oleh KUNA. Angka tersebut lebih dari separuh rata-rata output Kuwait sebesar 2.8 juta barel per hari di bulan Maret.

Menurut analis, aksi protes di Kuwait akan menopang harga minyak dalam jangka pendek, namun setelah mereda investor akan kembali fokus pada kelebihan suplaidan kegagalan untuk sepakat di Doha minggu lalu.

Wakil Menteri Energi Rusia Kirill Molodtsov pada hari Selasa mengatakan bahwa Rusia sdang mempertimabgnkan untuk menaikkan produksi minyaknya tahun ini, kemungkinan mencapai 540 juta ton. Rusia memproduksi 534 juta ton minyak tahun lalu.

Negara anggota OPEC lainnya, Venezuela mengatakan bahwa pihaknya berharap dapat menaikkan ekspor minyak tahun ini menjadi 2.3 juta barel per hari. Pasokan minyak tambahan berpotensi menambah kelebihan suplai minyak global yang telah menekan harga minyak ke level rendah, mengingat saat ini kelebihan suplai sudah mencapai 1-2 juta barel per hari.