Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Akibat Kenaikan Dollar Harga Emas Ditutup Melempem

gold-flickr-2-700x357

Rifan Financindo Berjangka – Pada akhir perdagangan Jumat dini hari tadi harga emas spot LLG mengalami penurunan lanjutan yang signifikan (10/4). Harga logam mulia anjlok untuk tiga sesi berturut-turut disebabkan oleh kenaikan nilai tukar dollar AS. Para petinggi Fed masih membuka kemungkinan kenaikan suku bunga acuan pada tahun ini meskipun data ekonomi yang dirilis akhir-akhir ini menunjukkan kondisi yang kurang kuat.

Presiden Fed New York William Dudley dan Gubernur Fed Jerome Powell hari Rabu lalu membeberkan skenario-skenario yang mungkin dijalankan oleh Fed mengenai kenaikan suku bunga acuan. Meskipun kenaikan akan dilakukan secara lambat dan bertahap tetapi tampaknya waktu kenaikan awal akan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Hal ini terungkap setelah dirilis catatan pertemuan Fed di bulan Maret lalu. Dalam pertemuan tersebut Fed menyatakan akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga acuan setidaknya pada bulan Juni mendatang. Meskipun saat ini data dari sektor tenaga kerja menunjukkan bahwa ekonomi AS masih belum sepenuhnya pulih tetapi kesediaan bank sentral untuk mempertimbangkan kenaikan suku bunga telah menggugah pergerakan nilai tukar dollar AS.

Harga emas spot pada akhir perdagangan dini hari tadi berada pada posisi 1194,55 dollar per troy ons. Harga logam mulia ini mengalami penurunan tajam sebesar 7,60 dollar atau setara dengan 0,6 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1202,15 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka Comex terpantau mengalami penurunan juga. Di akhir perdagangan harga komoditas tersebut tergerus melemah sebesar 8 dollar dan berada pada posisi 1195 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG? hari ini akan kembali mengalami penurunan lanjutan. Pergerakan harga logam mulia berpotensi untuk melemah disebabkan penguatan nilai tukar dollar AS yang kembali terjadi.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1200 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1205 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang berbalik melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1190 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1180 dollar.