Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

Ada Krisis Yunani dan China, Ini Prediksi Ekonomi Terbaru IMF

The International Monetary Fund (IMF) logo is seen at the IMF headquarters building during the 2013 Spring Meeting of the International Monetary Fund and World Bank in Washington

Rifan Financindo Berjangka -International Monetary Fund (IMF) memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini. Langkah ini dilakukan karena masih melemahnya perekonomian Amerika Serikat (AS).

Lembaga multinasional ini mengatakan, pertumbuhan ekonomi dunia di 2015 akan mencapai 3,3%. Turun dari prediksi sebelumnya, yaitu 3,5%.

Bulan lalu, IMF juga memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi AS di tahun ini dari 3,1% menjadi 2,5%. Menurut IMF, pelemahan ekonomi AS menyebabkan pertumbuhan ekonomi dunia menurun.

Di kuartal I-2015 lalu, ekonomi AS berkontraksi 0,2% karena cuaca buruk yang terjadi.

Direktur Departemen Riset IMF, Oliveier Blanchard mengatakan, krisis utang di Yunani kecil dampaknya untuk perekonomian dunia. Tahun ini, pertumbuhan ekonomi di negara pengguna mata uang euro tetap diprediksi 1,5%. Pertumbuhan Jerman 1,6% dan Prancis 1,2%.

Sementara untuk China, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi negeri tirai bambu ini tetap 6,8%. Tidak ada perubahan, meski pasar saham China tengah mengalami krisis.

Bubble (di China) telah meletus,” kata Olivier dilansir dari BBC, Jumat (10/7/2015).

Menurut IMF, krisis di Yunani dan China tidak banyak mempengaruhi ekonomi dunia. Tahun depan, IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia mencapai 3,8%.

(dnl/dnl)