Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

8 Hal Sederhana yang Bikin Karyawan Bahagia

Rifan Financindo Berjangka – Sebagai bos, Anda pasti menginginkan karyawan bekerja dengan senang. Hal ini sepertinya membutuhkan kerja keras. Padahal, ada banyak cara sederhana untuk mewujudkannya.

Tidak hanya sekedar kenaikan gaji, benefit, dan fasilitas lengkap yang membuat karyawan bahagia. Tapi juga membuat pekerjaan mereka bermakna dan menyenangkan. Di sini dibutuhkan rasa hormat dan dukungan antara karyawan dan pimpinan.

Berikut 10 hal yang bisa membuat karyawan Anda mencintai pekerjaannya setiap hari dilansir dari Business News Daily, Senin (3/8/2015):

1. Berikan karyawan kesempatan bekerja sendiri

Satu hal yang membuat karyawan tidak termotivasi adalah bos yang terlalu banyak kontrol dan pengawasan. Karyawan akan lebih senang jika diberi kesempatan untuk bekerja sendiri, menentukan proyek yang ingin ia kerjakan.

2. Beri tantangan pada karyawan

“Ini cara untuk menunjukkan kepercayaan Anda kepada staf. Berikan proyek yang menantang, memotivasi, dan mendorong mereka bekerja keras,” kata Lawrence Polsky, salah satu pendiri Teams of Distintion.

3. Jalin hubungan erat dengan karyawan

Luangkan waktu di saat makan siang atau istirahat sore untuk menjalin keakraban dengan karyawan. Tanyakan hal-hal yang berhubungan dengan nilai hidup staf Anda.

4. Sebagai bos, Anda harus transparan

“Jujurlah tentang hal yang menyangkut bisnis perusahaan supaya karyawan merasa dihargai dan dipercaya,” kata direktur Shweebo, Josh Burnley.

5. Dukung ide karyawan

Ajak karyawan dalam membuat keputusan bisnis dan dengarkan masukannya. “Anda tidak perlu mengimplementasikannya tapi sangat penting untuk mendengarkan ide karyawan.

Kritik yang konstruktif memang penting. Namun jangan membenci ide karena akan membunuh lingkungan kreatif,” kata CEO Affilorama, Simon Slade.

6. Akui keberhasilan karyawan

Orang senang dihargai dan diakui ketika berhasil melakukan sesuatu. “Saya selalu menyebut nama staf dan keberhasilannya ketika melakukan rapat mingguan dengan seluruh tim,” ujar presiden ReputationManagement.com, Bill Fish.

7. Perlakukan setiap karyawan secara individual

Jangan memperlakukan karyawan dengan satu jenis cara. Dorong manager Anda untuk meminta setiap anggota tim menyebut tiga hal yang mereka butuhkan dari pimpinan mereka. Tanyakan pula bagaimana mereka ingin diakui dan dihargai.

8. Perhatikan bahasa tubuh Anda

Sebagai pemimpin, Anda harus melihat perilaku dan bahasa tubuh diri sendiri. Tanyakan kepada diri Anda, apakah sudah mengirimkan pesan optimis dan positif kepada seluruh karyawan.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)