Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

7 Cara Agar Ingatan Anda Meningkat

095484700_1415089592-how-to-prevent-memory-loss1696145989-sep-6-2012-1-600x400

Rifan Financindo Berjangka – Sering merasa susah mengingat nama? Atau, belakangan ini sangat sulit untuk mengingat apakah Anda sudah makan dan di mana menaruh barang? Selain beban pikiran yang terlalu banyak, mungkin saja Anda memang sudah mengalami kemunduran dalam mengingat.

Tak perlu diselimuti rasa khawatir yang mendalam atau berpikir terlalu panjang karena Anda bisa melakukan cara-cara mudah untuk membantu mengatasinya sebelum berkonsultasi dengan dokter. Berikut ulasan yang dilansir dari laman PureWow, Sabtu (16/5/2015):

1.?Jogging

Aktivitas fisik ternyata berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Studi dari British Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin akan memompa jantung dan meningkatkan ukuran hipokampus yang berperan dalam hal mengingat.

2. Keluar dari rutinitas

Pengalaman baru dapat membantu otak untuk lebih mempertahankan informasi. Mulai dari mencoba rute baru untuk pulang ke rumah, baca perlahan dan coba mengingat.

3. Datang bersama-sama

Interaksi sosial dapat mengurangi tingkat depresi dan stres yang berkontribusi untuk mengurangi kemampuan mengingat. Usahakan untuk berkumpul bersama teman, setidaknya sekali dalam seminggu.

4. Tantang diri Anda

Coba main games baru yang bisa mengasah aktivitas otak, terutama menajamkan ingatan.

5. Minum kafein

Coba setidaknya minum Americano tanpa gula sebanyak enam teguk. Kafein dapat membantu mempertahankan ingatan.

6. Hindari minuman beralkohol

Studi menemukan bahwa saat orang menginjak usia dan rutin meminum lebih dari dua setengah cangkir alkohol setiap harinya akan mudah hilang kemampuan mengingat, juga berpotensi untuk mengalami serentetan penyakit sekitar enam tahun kemudian dibanding yang jarang mengkonsumsi.

7. Katakan `OM`

Luangkan waktu untuk berdiam. Meditasi atau tindakan berkonsentrasi dengan pernapasan terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan ingatan. Meditasi bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Cukup pejamkan mata, fokus pada satu hal, dengarkan pernapasan, dan biarkan stres menghilang.