Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

6 Tips Liburan ke Bangka Belitung

092423_a

Rifan Financindo Berjangka – Sejak novel dan film Laskar Pelangi beredar, Bangka Belitung semakin dilirik wisatawan. Jangan mau ketinggalan, siap-siap mengunjungi kepulauan indah ini. Namun sebelum berangkat, simak dulu tipsnya.

Kabupaten Kepulauan Bangka Belitung punya banyak destinasi seru. Mulai dari alam, sejarah, sampai budaya dan kuliner. Pulau Bangka punya deretan pantai cantik sekaligus kota-kota bersejarah. Selain Pangkalpinang, ada pula Kota Muntok yang menjadi tempat mendaratnya Belanda di masa silam.

Sementara itu, Pulau Belitung menyuguhkan wisata bahari lewat perairan dan pantai-pantai menawan. Gugusan batu granit, seperti yang ada dalam film Laskar Pelangi menjadi ikon pulau ini. Kota terbesarnya yakni Tanjungpandan juga menjadi destinasi wisata budaya karena menjamurnya kedai kopi tua.

Namun sebelum berangkat, setidaknya ada 6 tips penting yang perlu Anda perhatikan. Dihimpun detikTravel, Kamis (30/7/2015), berikut daftarnya:

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Beberapa maskapai domestik seperti Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air menyediakan penerbangan ke Pangkalpinang (Bangka) dan Tanjungpandan (Belitung). Harga tiket menuju keduanya memang tak terlalu mahal. Garuda Indonesia misalnya, biasa mematok sekitar Rp 400-600 ribu sekali jalan.

Namun, kursi penerbangan terutama ke Belitung seringkali penuh. Ini karena Belitung menjadi destinasi favorit untuk liburan keluarga, terutama saat peak season. Oleh karena itu ada baiknya Anda memesan tiket pesawat jauh-jauh hari. Lebih baik lagi, dengan menghindari peak season sehingga bisa menikmati semua destinasi dengan leluasa.

2. Cari info tempat wisata

Bangka dan Belitung punya segudang tempat wisata. Pertama, tentukan dulu pulau yang menjadi tujuan Anda. Apakah Bangka, atau Belitung.

Kemudian, cari informasi destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Misal Anda traveler penggemar wisata sejarah, bisa mengunjungi Kota Muntok di Bangka. Traveler yang suka wisata bahari bisa island hopping seharian penuh di Belitung.

Suka makan? Jangan lupa catat Mie Atep dan Warung Kopi Ake, keduanya terletak di Tanjungpandan (Belitung). Anda penggemar novel dan film Laskar Pelangi tak boleh melewatkan Pantai Tanjung Tinggi serta Museum Andrea Hirata, yang juga terletak di Pulau Belitung.

3. Sewa kendaraan

Satu hal yang perlu diingat: tak ada kendaraan umum di Pulau Bangka atau Belitung. Mau tak mau, Anda harus menyewa kendaraan baik motor atau mobil.

“Harga sewa Avanza sekitar Rp 550.000 seharian, untuk motor Rp 75.000 seharian,” tutur Ferry, pemandu wisata di Pulau Belitung kepada detikTravel.

4. Bawa kamera

Nah, ini dia tips yang tak kalah penting. Bawalah kamera sendiri, jangan andalkan kamera ponsel. Spot-spot cantik di Bangka dan Belitung tak terhitung banyaknya. Baterai ponsel Anda akan cepat habis jika terus-menerus digunakan untuk memotret. Apalagi, banyak area di kedua pulau yang tak terjangkau sinyal.

Lebih baik lagi jika Anda membawa serta kamera underwater. ‘Kerajaan’ bawah air di sekitar Pulau Belitung sangat cantik dan terawat. Sayang bila tidak diabadikan!

5. Bawa perlengkapan renang

Snorkeling atau diving adalah agenda wajib saat menyambangi Bangka atau Belitung. Oleh karena itu, bawa serta perlengkapan renang mulai dari baju, goggle, serta fin.

Operator tur setempat memang biasa menyewakan fin dan goggle. Namun Anda pasti tahu, fin dan goggle yang dipakai secara masif kebanyakan kurang pas. Namun jika Anda memilih untuk sewa, harganya sekitar Rp 35.000 untuk snorkeling seharian.

6. Bawa sunblock

Berhubung Anda akan mengunjungi wilayah kepulauan, jangan lupa bawa sunblock dan kacamata hitam. Berjemur di pinggir pantai sah-sah saja, namun jangan sampai kulit menjadi perih karena terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Lebih baik lagi jika Anda membawa gel lidah buaya, yang biasa digunakan pasca berjemur. Gel lidah buaya bisa mengembalikan kelembaban kulit pasca terpapar sinar ultraviolet. Anda pun siap traveling lagi!