Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

6 Manfaat Penting bagi Tubuh jika Cukup Tidur

1406209shutterstock-170170058780x390

Rifan Financindo Berjangka – Tidur adalah takdir kebutuhan makhluk hidup. Jika Anda tak memenuhi kebutuhan ini dengan mengurangi waktu tidur, banyak kerugian akan Anda dapatkan. Sebaliknya, jika Anda cukup tidur, banyak juga manfaat yang akan Anda rasakan. Berikut di antaranya.

1. Meningkatkan kemampuan belajar

Saat Anda tidur, otak tetap bekerja menguatkan memori tentang hal-hal yang Anda pelajari hari ini dan mencari solusi atas hal-hal yang belum Anda mengerti. Proses ini disebut konsolidasi. “Ketika Anda belajar sesuatu yang baru, entah itu bersifat fisik atau mental, Anda butuh latihan agar bisa menguasai pelajaran baru itu dengan lebih maksimal.

“Tidur adalah salah satu cara melatih kepandaian baru Anda. Atau dengan kata lain, setelah tidur, kemampuan Anda akan meningkat setelah bangun tidur,” kata Dr. Rapoport, profesor di ?NYU Langone Medical Center.

2. Panjang umur

Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur berkaitan erat dengan berkurangnya umur. Sebuah studi tahun 2010 yang meneliti wanita-wanita usia 50 to 79, menemukan bahwa angka kematian lebih banyak terjadi pada mereka yang tidur kurang dari lima jam sehari dibanding yang tidur selama enam sampai delapan jam sehari.

“Banyak hal yang bisa kita dapat dari tidur. Panjang umur adalah salah satunya dan itu sudah pasti,” kata ?Raymonde Jean, MD, direktur pusat pengobatan gangguan tidur St. Luke?s-Roosevelt Hospital Center di New York City.

3. Meredakan inflamasi

Inflamasi dapat memicu gangguan jantung, stroke, diabetes, artritis dan penuaan dini. Riset menyebutkan, orang yang tidur kurang dari enam jam sehari, memiliki risiko peradangan protein darah lebih tinggi dari mereka yang tidur tuju sampai delapan jam sehari. Orang dengan gangguan apnea dan insomnia juga lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan kreativitas

Pastikan Anda mendapat tidur yang cukup sebelum mencoba membuat kerajinan tangan atau menulis cerita pendek. Selain mengonsolidasikan daya ingat, otak juga berfungsi untuk mengatur semua informasi yang masuk menjadi lebih teratur. Alhasil ide-ide brilian jadi lebih gampang muncul.

Para peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan bahwa saat tidur, otak bekerja memperkuat komponen emosional memori dan hal ini dapat membantu memacu proses kreativitas.

5. Menjaga berat badan ideal

Jika saat ini Anda sedang ingin diet, pastikan setiap hari Anda cukup tidur. Penelitian oleh University of Chicago menemukan bahwa pelaku diet yang cukup tidur, mampu memangkas 56 persen lemak lebih banyak dari mereka yang selalu kurang tidur.

“Tidur dan metabolisme dikontrol oleh bagian otak yang sama,” kata ?Dr. Rapoport says. “Saat Anda mengantuk, bebeapa hormon naik kadarnya dan ini bisa memicu nafsu makan.”

6. Mencegah kecelakaan

National Highway Traffic Safety Administration, pada tahun 2009 melaporkan bahwa penyebab kecelakaan terbanyak adalah karena pengemudi mengantuk atau terlalu lelah.

Kantuk memengaruhi kecepatan Anda bereaksi dan mengambil keputusan. Bahaya mengemudi saat kurang tidur sama besarnya dengan saat Anda mabuk karena alkohol.