Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

6 Hal Mengejutkan Terkait Kerja yang Ternyata Bikin Stres

62dc8a67-a408-49a1-8a2c-727f1039a078_43Rifan Financindo Berjangka –Belakangan merasa stres berat namun tidak tahu mengapa? Mungkin saja pekerjaan Anda adalah penyebabnya. Bukan selalu karena tumpukan tugas, perasaan tertekan bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Apa saja? Simak enam kemungkinan penyebabnya yang mengejutkan dan didapatkan berdasarkan penelitian:

1. Dikelilingi Sampah
Coba perhatikan keadaan meja Anda. Jika banyak sampah atau barang-barang tak terpakai yang berantakan mungkin hal tersebut adalah penyebabya. Menurut riset dari Princeton University Neuroscience Institute, ‘kekacauan’ meja bisa menambah tekanan tidak penting dalam hidup Anda. Efeknya bisa menggangu pekerjaan yakni kurang fokus dan mengganggu interpretasi informasi.

2. Pengaruh Rekan Kerja
Karakteristik rekan-rekan kerja juga bisa menambah beban Anda. Peneliti di Jerman mengungkap jika berada di sekeliling orang-orang lemah lembut bisa membuat Anda bersikap hal yang sama. ‘Stres empati’ itu dapat menyebabkan tubuhmu memproduksi tingkat hormon stres. Hal tersebut pun dapat membuat Anda berada di bawah tekanan.

3. Terlalu Media Sosial
Bersosialisasi dengan teman atau browsing media sosial memang mengasyikkan dan kadang membuat orang lupa waktu. Tapi terlalu lama bermain Facebook, Twiiter, Path, atau Instagram bisa juga membuat Anda tertekan. Para ahli mengungkap jika orang yang sering online selama 14 hari mengalami penurunan kebahagiaan. Penyebabnya adalah Anda jadi sering membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang-orang di media sosia.

4. Sangat ‘Cool’
Saat baru bekerja di kantor baru mungkin Anda akan memilih untuk bersikap cool atau tenang. Sebuah studi terbaru yang dilakukan U.S.C. Marshall School of Business mengungkap jika Anda tidak seharusnya demikian. Membagikan perasaan kecemaan atau stres pada rekan dapat meningkatkan mood. Untuk itu, bangun hubungan Anda dengan mereka demi perkembangan karier dan kesehatan jiwa.

5. Terlalu Serius
Hindari pula untuk bersikap terlalu serius karena dapat membuat Anda tertekan berlebihan. Usahakan untuk mengambil istirahat 50 menit sekali meski hanya untuk mengalihkan pandangan dari layar monitor.

6. Bekerja di Ruang Terbuka
Peneliti Australia mengungkap jika bekerja di ruang terbuka dapat mengganggu konsentrasi. Yakni karena banyaknya gangguan suara dari rekan-rekan dan tidak adanya pembatas. Hal itu bisa meningkatkan tingkat stres hingga Anda pulang ke rumah.