Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

6 Camilan Sehat untuk Dimakan Saat Malam Hari

43a675eb-4f66-4fb7-9cc0-c45512d952c2_43Rifan Financindo Berjangka -?Jika ingin menjaga berat badan atau sedang dalam program pelangsingan, Anda biasanya tidak disarankan untuk makan setelah pukul 8 malam. Tapi sebenarnya anjuran itu tidak harus selalu diikuti. Terlebih lagi jika Anda memang belum sempat makan malam, atau perut terasa sangat lapar sehingga perlu makan camilan.

Makan di malam hari, apabila dilakukan dengan benar seharusnya tidak menjadi masalah bagi berat badan tapi justru memberikan manfaat. Seperti dikutip dari Live Strong, mengonsumsi makanan mengandung protein sehat di malam hari bisa membantu tubuh membentuk otot saat tidur. Sementara ngemil makanan berkarbohidrat kompleks, akan membantu tubuh mengontrol gula darah di keesokan harinya bahkan nafsu makan jadi lebih terkontrol.

Sementara sedikit makanan dengan karbohidrat sederhana yang dicampur protein, bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Ini dia beberapa makanan yang sehat dikonsumsi pada malam hari.

1. Dark Chocolate

Cokelat yang kaya akan kandungan kakao asli, biasa dikenal dengan sebutan dark chocolate bisa jadi camilan bernutrisi tinggi yang baik dikonsumsi di malam hari. Dark chocolate dengan kandungan bubuk kakao 50-70 persen biasanya lebih rendah gula. Selain itu kandungan antioksidannya juga tinggi. Polifenol yang terdapat dalam cokelat bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin (mencegah keinginan makan manis berlebihan), melawan peradangan hingga meningkatkan mood positif. Saat keinginan ngemil di malam hari datang, kulum saja beberapa keping dark chocolate.

2. ‘Es Krim’ Pisang

Ingin makan es krim di malam hari, tapi khawatir kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi? Pilih alternatif lain yang lebih sehat dengan membuat ‘es krim’ pisang. Caranya, potong-potong dua buah pisang lalu tambahkan satu cangkir stroberi. Kemudian simpan di lemari es sampai membeku. Setelah beku, campurkan pisang dan stroberi ke dalam blender dan proses sampai terbentuk pasta menyerupai es krim. Pisang kaya akan serat dan mineral potassium yang baik bagi pencernaan. Selain rasanya lezat, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat menaikkan kadar gula darah. Sementara itu stroberi tinggi vitamin C dan antioksidan yang juga baik bagi kesehatan tubuh.

3. Kacang Pistachio

Pistachio kaya akan nutrisi. Kacang dengan rasa tawar yang sedikit gurih ini mengandung serat, biotin, vitamin B6, thiamin, folat, dan lemak tak jenuh. Makan beberapa butir, bahkan hingga 15 pistachio masih terbilang ‘aman’ karena kacang ini termasuk rendah kalori, jika tidak ditambahkan garam. Anda juga bisa memakannya bersama keju atau buah-buahan.

4. Susu Madu Hangat

Susu mengandung tryptophan, zat yang meningkatkan produksi serotonin yakni hormon yang memunculkan rasa tenang dan senang. Selain itu susu juga kaya akan nutrisi yang mengenyangkan. Tambahkan sedikit madu (setengah sendok teh), dan Anda akan mendapatkan asupan gula yang mudah dicerna dan menstimulasi hormon yang mendorong terbentuknya serotonin. Minum susu madu hangat di malam hari, perut kenyang, tidur pun menjadi nyenyak.

5. Frozen Blueberry

Buah berwarna biru yang kaya antioksidan ini bisa meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung, juga rendah kalori. Blueberry yang dimakan dalam keadaan beku atau dingin akan terasa lebih segar, terlebih lagi jika dicampur dengan sedikit krim atau yoghurt. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 2-3 sendok makan lalu campurkan dengan satu cangkir blueberry.

6. Almond

Satu lagi kacang yang juga baik untuk dicamil di malam hari, yaitu almond. Menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan almond secara rutin tingkat kolesterol dan trigliserida masuk dalam kategori sehat. Artinya, jika kadar kolesterol dan trigliserida normal maka risikonya lebih rendah untuk terkena serangan jantung. Makanlah almond mentah atau panggang, tanpa tambahan rasa atau pemanis buatan agar kalorinya tetap rendah.