Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

5 Trik Pintar Atur Uang bagi Wanita Karier

064224000_1519381980-Mengatasi-Dilema-Wanita-Karier-vs-Ibu-Rumah-Tangga-By-Peshkova-shutterstockPT RIFAN FINANCIDO BERJANGKA – Sebagai bendahara keluarga, seorang ibu sudah seharusnya untuk piawai dalam mengatur keuangan bersama. Namun, hal ini mungkin akan merepotkan bagi ibu yang juga memiliki karier atau bekerja, karena harus menyesuaikan dua macam pola keuangan dalam waktu bersamaan.

Di tambah lagi, wanita karier biasanya juga memiliki lebih banyak keperluan terkait finansial ketimbang ibu rumah tangga yang beraktivitas penuh di rumah.

Lantas, bagaimana solusinya? Tenang, ada beberapa tips manajemen keuangan untuk wanita karier guna menyeimbangkan kehidupannya sebagai ibu rumah tangga dan pekerja. Ikuti tips dari Danaxtra berikut ini.

1. Pisahkan Catatan Keuangan Keluarga dan Pribadi

Sebagai manajer keuangan keluarga, wanita karier mesti mampu menyusun rencana keuangan keluarga seperti kewajiban-kewajiban yang harus dibayar dan uang keperluan belanja keluarga. Di sisi lain, wanita karier juga memiliki lebih banyak kebutuhan pribadi seperti dana perawatan tubuh ke salon atau belanja make up.

Agar pola keuangan Anda tidak karut marut, sebaiknya wanita karier memiliki catatan keuangan yang valid. Sebaiknya Anda membuat dua catatan keuangan terpisah antara kepentingan pribadi dengan keluarga. Pisahkan dana dari pasangan dan dana yang Anda miliki. Catat secara rinci setiap pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan.

Kendati uang yang Anda dapat merupakan jerih payah sendiri dalam bekerja, dengan pemisahan tersebut, kebutuhan pribadi Anda tidak akan mengganggu kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi. Pemisahan tersebut juga bisa menyeimbangkan antara kedua kebutuhan tersebut agar tidak timpang.

2. Kesepakatan tentang Besaran Kebutuhan Keluarga

Anda dan pasangan memang memiliki penghasilan sendiri-sendiri. Namun, harus disepakati ada kebutuhan utama dan pokok dalam keluarga yang harus dipenuhi.

Buat kesepakatan dengan pasangan mengenai pos-pos anggaran yang penting. Terutama berapa porsi yang sesuai untuk kebutuhan keluarga. Masukkan pula dana untuk sumbangan sosial. Di sinilah catatan keuangan akan sangat berguna untuk menentukan besaran yang bisa disepakati

Rundingkan pula berapa porsi di luar kebutuhan bersama yang bisa dipakai untuk kebutuhan pribadi, seperti untuk keperluan hobi dan make up. Kesepakatan ini penting, karena saat merasa punya uang sendiri, kadang-kadang Anda juga ingin menikmati hasil jerih payah untuk bersenang-senang bukan.

Dengan catatan yang detil, keuangan menjadi lebih transparan dan tercukupi. Dengan kesepakatan yang jelas, Anda bisa menghindari percecokan dengan pasangan di kemudian hari.

3. Bikin Catatan Keuangan yang Detil

Bila sudah terjadi kesepakatan, maka anggaran untuk kebutuhan juga harus dipersiapkan. Jadi, cara selanjutnya adalah mencatat dengan detail berapa pengeluaran dan pemasukan yang terjadi. Hal ini untuk mengontrol pengeluaran agar bisa tetap terkendali.

Keuntungan mencatat keuangan ini untuk mengetahui pos-pos anggaran mana saja yang dinilai terlalu boros dan yang butuh untuk ditambahkan. Jadi, Anda bisa menekan biaya-biaya yang berlebih dan menyisakan uang untuk hal lainnya.

Kalau memang terlalu repot untuk mencatat, bisa memakai aplikasi keuangan gratis yang dapat Anda pakai untuk mencatat keuangan melalui gadget yang Anda miliki. Kelebihan memakai aplikasi keuangan tersebut sangat memudahkan Anda untuk mencatat keuangan kapanpun dan dimanapun. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk Anda sebagai wanita karier yang merasa kerepotan untuk mencatat keuangan.

4. Alokasikan Dana untuk Perlindungan Kesehatan

Sebagai wanita karier, risiko kesehatan adalah salah satu masalah yang harus Anda pikirkan. Apalagi jika saat ini usia Anda sudah melewati bilangan 40 tahun.

Untuk itu, Anda perlu mengalokasikan keuangan untuk keperluan kesehatan. Baik dengan cara membeli asuransi kesehatan, atau mengalokasikan dana cadangan untuk berobat, sesuai dengan riwayat kesehatan Anda.

5. Sisihkan Uang untuk Tabungan dan Acara Keluarga

Setelah Anda mampu mengontrol keuangan dan bisa menyisakan uang, usahakan untuk bisa menabung secara rutin. Dengan menabung, Anda akan mempunyai anggaran untuk yang lainnya di kebutuhan ke depan. Seperti untuk kebutuhan ke depan yang mendesak, dan kebutuhan untuk berekreasi bersama keluarga.

Menyediakan waktu untuk berekreasi bersama keluarga, tentunya juga dibutuhkan untuk Anda sebagai wanita karier. Dengan waktu yang terbatas karena bekerja, manfaatkan waktu luang atau kesempatan cuti untuk bersenang-senang dengan keluarga.

Jangan sampai karier mengalahkan waktu bersama keluarga. Karena waktu bersama keluarga adalah yang terutama untuk Anda sebagai wanita karier.

Sumber: liputan6.com