Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

5 Manfaat Membuat Catatan Kecil Alias Note

stickiesRifan Financindo Berjangka – ?Tidak semua hal bisa diingat oleh kepala manusia, untuk itulah mereka mencatat setiap peristiwa atau pertemuan dalam sebuah buku kecil atau notes. Lewat catatan, mereka menemukan jalan untuk meraih kesuksesan.

Selain kunci sukses, apa lagi ya manfaat membuat catatan kecil alias note? Nah, berikut lima manfaat dari membuat note:

1. Mempertajam Daya Ingat

Saat mengikuti kelas kuliah atau meeting, sudah pasti ada penjelasan yang disampaikan kepada Anda. Namun, penjelasan sebanyak itu ada saja yang terlupakan. Duduk terlalu lama tanpa ada sesuatu yang dikerjakan juga membuat kemampuan memori otak akan berkurang.

Dengan membuat catatan saat mendengar penjelasan, ternyata bisa melatih indra pendengaran dengan otak untuk saling bekerja sama. Menulis sesuatu yang Anda dengar dapat mempertajam daya ingat. Tidak akan ada kata lupa karena Anda sudah menuangkan dalam catatan yang bisa dibuka kembali saat lupa atau dibutuhkan.

2. Menstimulasi Otak dengan Baik

Berpikir kemudian menuliskan kembali atau mencatat merupakan cara terbaik untuk melatih kerja otak. Saat menulis, otak kanan dan kiri kita ikut bekerja.
Sehingga, bisa menstimulasi otak yang baik karena keseimbangan tetap terjaga. Daya ingat kita pun bisa terasah untuk mengolah penjelasan apa yang kita dengar atau tugas yang harus dikerjakan menjadi kata dan bahasa yang dituangkan dalam kalimat pada catatan kita.

3. Tepat Waktu

Pernah telat atau lupa janjian? Jika Anda sering mengalami hal tersebut, Anda memang benar-benar harus mulai membiasakan diri mencatat di note dan menandai kalender. Jika sudah terbiasa membuat catatan seperti itu, Anda akan menjadi pribadi yang tepat waktu.

4. Teratur

Pola hidup kita akan otomatis berubah menjadi lebih teratur jika rajin menulis catatan. Teratur mengerjakan segala sesuatu tanpa ada yang tertinggal dan
terlupa dengan melihat kembali tulisan kita pada note tersebut. Ini sangat bermanfaat untuk satu jam ke depan atau bahkan beberapa hari setelahnya, saat akan melakukan sesuatu atau membahas banyak hal.

5. Meraih Sukses

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan tiga ratus orang jenius, antara lain Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson.
Ketiganya merupakan penulis jurnal atau orang yang rajin menulis di buku catatan.

Thomas Edison juga menulis tiga juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi di sepanjang hidupnya. Maka, hal ini menjadi pembuktian kalau rajin menulis catatan akan memudahkan kita meraih kesuksesan.

Lantas, apakah di zaman digital seperti ini kita masih perlu menulis catatan? Anda bisa menggunakan gadget dengan beragam aplikasi note. Ini memudahkan sebagian orang yang sudah mulai malas atau meninggalkan kebiasaan mencatat pada. Gadget memudahkan Anda dalam mencatat apapun. Yuk, mulai mencatat hal-hal kecil untuk mencapai kesuksesan #StartWithANote.