Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

5 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Berenang di Laut

Rifan Financindo Berjangka – Banyak yang mengaku cinta laut dan senang liburan ke laut. Tapi, sudah tahukah hal-hal yang boleh dan tak boleh dilakukan saat berenang di sana? Ini 5 hal yang haram dilakukan saat berenang di laut.


Snorkeling, berenang atau diving. Begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan alam laut. Namun, bukan berarti bisa melakukan semaunya. Disusun detikTravel, Senin (24/8/2015) inilah 5 hal yang haram dilakukan saat berenang di laut:

1. Memegang terumbu karang

Karang memang indah. Apalagi yang letaknya tak terlalu dalam. Semakin banyak terkena matahari akan semakin warna terumbu karang. Saking cantiknya, jadi penasaran ingin memegang.

Padahal, hal ini bisa merusak karang. Memegangnya meningkatkan potensi karang yang mati. Jika sudah mati, warnanya takkan lagi warna-warni melainkan cokelat. Serta, takkan lagi tumbuh. Jadi terlihatnya jelek. Tak mau kan merusak alam bawah laut Indonesia?

2. Menabrak karang

Selanjutnya adalah menabrak karang. Bisa dibilang, ini hal yang paling banyak dilakukan traveler dengan atau tanpa sadar. Menabrak atau menginjak karang, sama saja dengan membunuh terumbu karang tersebut.

Tabrakan bisa dilakukan dengan kayuhan dari fin atau sepatu katak. Saat snorkeling, mungkin kamu tak terlalu sadar dengan gerakan fin. Bisa saja menabrak karang atau malah dengan sengaja kamu menginjak karang untuk berhenti sejenak.

Sungguh, dua hal ini sangat haram dilakukan selama berada di laut. Usahakan tidak menyentuh karang baik dengan tangan atau dengan fin. Jagalah gerakan selama diving atau snorkeling ya!

3. Memegang biota laut

Memang, lucu rasanya bisa merasakan tekstur ikan atau bintang laut. Padahal, ini sangatlah tidak dianjurkan. Karena memegang hewan laut bisa membahayakan mereka.

Tak perlu memegang apalagi menangkap untuk dijadikan objek foto. Meski setelah itu dilepas, tetap saja hal itu tidak baik. Lebih baik mendekati mereka sampai jarak aman jika ingin memotretnya. Jaga tangan jangan asal pegang.

Banyak cerita tentang biota laut yang mati karena menjadi bahan permainan para wisatawan. Hewan ini dipegang-pegang atau bahkan diangkat ke luar dari air.

4. Memberi makan ikan

Di area snorkeling yang banyak ikan warna-warni, biasanya wisatawan senang memberi makan ikan. Ada yang dengan roti, bahkan ada juga yang dengan mie instan seduh.

Sungguh berbahaya! Makanan yang tidak biasa dimakan oleh mereka bisa membuat keracunan. Lebih parah lagi, jadi merubah keinginan makan mereka. Jika sudah tidak suka dengan makanan natural mereka, bisa-bisa mereka kelaparan.

5. Buang sampah

Setelah memberi makan yang biasanya di plastik atau botol, pasti sampahnya dibuang begitu saja. Terlalu malas memegang karena sedang asyik berenang. Atau memang malas saja untuk membawanya sampai ke tepian pantai.

Inilah yang membuat laut rusak. Sampah yang dibuang dengan sengaja. Masih banyak sampah lain yang bisa dibuang ke laut, baik sengaja ataupun tidak sengaja. Jangan sampai melakukan hal itu ya!