Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

5 Hal Pemicu Sakit Kepala

rifan financindo

Rifan Financindo Berjangka – Semarang,?Aktivitas bisa terganggu gara-gara sakit kepala. Penyebab munculnya sakit kepala pun bisa beragam, termasuk penyebab yang tak disangka-sangka. Apa saja?

Seperti dirangkum detikHealth, berikut ini hal-hal tak terduga yang nyatanya juga bisa memicu sakit kepala.

1. Olahraga terlalu ‘keras’

Terlalu memaksakan diri saat berolahraga bisa memicu sakit kepala. Diungkapkan profesor klinis di Stanford Health Care, Sheena Aurora, MD, umumnya sakit kepala akibat terlalu keras berolahraga muncul pasca terjadi lonjakan detak hantung. Meski kondisinya akan berbeda pada tiap orang.

“Kondisi ini mengkhawatirkan karena dalam hitungan detik, sakit kepala bisa makin parah. Pada beberapa kasus, sakit kepala ini bisa bertahan selama beberapa hari. Jika Anda rentan mengalami sakit kepala karena olahraga, coba gunakan monitor denyut jantung untuk melihat di ambang mana Anda akan rentan sakit kepala. Sehingga, Anda bisa menjaga detak jantung agar berada di bawah batas itu,” terang Aurora.

2. Stres

Praktisi naturopati di Mittagong, Australia, Mim Beimstres juga bisa membuat otot di leher, bahu, dan kulit kepala tegang yang kemudian memicu sakit kepala. Umumnya, sakit kepala akibat terlalu stres akan muncul di bagian belakang kepala kemudian timbullah rasa tegang di area tersebut. Beim menambahkan, stres di sini tak hanya karena kondisi psikologi saja tetapi juga kibat tekanan berlebih pada otot Anda.

“Coba lihat lagi bagaimana postur tubuh saat duduk seharian di kantor. Sebab, kondisi bahu yang terlalu tertarik ke atas sampai mendekati telinga bisa membuat otot di area tersebut tengang,” kata Beim.

3. Terlalu lama berada di wilayah tinggi

Pada beberapa orang, perubahan ketinggian yang drastis bisa menyebabkan sakit kepala yang cenderung memicu mual. Kondisinya juga bisa memburuk di malam hari dan makin ‘menjadi’ di keesokan harinya. Menghindari stres dan konsumsi kafein berlebih bisa dilakukan untuk meredakan kondisi ini.

4. Sering mengepalkan rahang

Kondisi sering mengepalkan rahang bisa menyebabkan sakit kepala yang serius. Aurora mengatakan, orang cenderung mengepalkan rahang ketika mereka sedang stres. Akibatnya, muncul rasa sakit dan nyeri di wajah, rahang, dan leher.

“Untuk mengatasinya Anda perlu bersantau. Tapi jika masalah itu terus berlanjut, dokter gigi bisa membantu mengatasi kebiasaan menggemeretakkan gigi yang bisa memperburuk Temporomandibular Joint Disorder,” terang Aurora.

5. Berlebihan konsumsi penghilang nyeri untuk atasi sakit kepala

Beberapa orang bisa mengonsumsi antinyeri guna mengatasi sakit kepala. Namun, sembarangan mengonsumsi obat itu bisa memperburuk sakit kepala. Sebab, obat tersebut bisa menghantarkan kembali rasa sakit ke otak Anda.

Terlalu sering mengonsumsi antinyeri yang digabung dengan kafein atau lebih dari satu jenis obat juga bisa jadi penyebab umum memburuknya sakit kepala.