Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

5 Fakta Seputar Windows 10 yang Wajib Anda Ketahui

Rifan Financindo Berjangka – Sistem operasi generasi terbaru dari Microsoft, Windows 10, kabarnya akan segera tersedia bagi para pengguna di periode Juni hingga Agustus tahun 2015 ini.


Sistem operasi yang digadang-gadang akan menandai revolusi Microsoft ini kehadirannya memang sudah sangat dinantikan banyak pihak.?Salah satu sebabnya adalah Windows 10 diklaim akan menjadi sistem operasi pertama Microsoft yang mendukung muti-platform, baik di perangkat mobile maupun PC.

Jelang perilisannya, berikut adalah 5 fakta seputar Windows 10 yang wajib Anda ketahui.

1. Dirilis di 190 negara

Melalui blog resminya, pihak Microsoft telah mengonfirmasi bahwa sistem operasi generasi terbaru mereka, Windows 10, akan dirilis pada musim panas tahun 2015 ini (antara bulan Juni hingga Agustus) di 190 negara dan mendukung 111 bahasa.

2. Bisa jalankan aplikasi Android dan iOS

Pada acara Build 2015 yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat, awal Mei kemarin, Microsoft menyatakan bahwa mereka membuka peluang aplikasi Android dan iOS berjalan di Windows 10.

Aplikasi Android dan iOS yang berjalan di Windows 10 akan menggunakan kode yang sudah ada di dalamnya, hanya saja dijalankan melalui wadah keamanan khusus. Kemudahan ini diharapkan Microsoft bisa mendongkrak jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Store.

3. Windows 10 akan jadi generasi terakhir

Microsoft secara mengejutkan mengumumkan bahwa sistem opeasi Windows 10 adalah “generasi terakhir” dari sistem operasi Windows yang selama ini mereka andalkan. Hal ini pertama kali diungkapkan oleh Jerry Nixon, developer evangelist dari Microsoft pada gelaran Microsoft Ignite yang berlangsung 4-8 Mei lalu.

Nixon menjelaskan, sistem operasi Windows tidak akan punah, malahan, nama sistem operasi Windows 10 rencananya akan digunakan sebagai “nama abadi” ?produk sistem operasi dari Microsoft.

Ke depannya, Microsoft akan menggunakan sistem penamaan (branding) sistem operasi seperti Apple. Ya, Apple selama 15 tahun terakhir mengusung brand OS X untuk sistem operasi jajaran produk desktop dan laptopnya.

4. Ada 6 varian Windows 10

Microsoft telah mengumumkan 6 varian dari Windows 10, yakni Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, Windows 10 Mobile, Windows 10 Education, serta Windows 10 Mobile Enterprise.

5. Tidak sepenuhnya gratis

Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa Windows 10 akan ditawarkan secara gratis bagi pengguna Windows. Mereka yang menggunakan Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone terbaru akan mendapatkan update secara gratis ke dalam Windows 10.

Namun, update ini hanya gratis untuk pemakaian 1 tahun pertama, dan bakal di kenakan biaya di tahun berikutnya.

Baru-baru ini pengecer online Newegg telah mengungkapkan harga Windows 10 lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan. Newegg menuliskan Windows 10 akan bisa dibeli oleh pengguna pada 31 Agustus 2015. Mereka bahkan menulis bahwa salinan OEM (Original equipment manufacturer) untuk Windows 10 Home dibanderol US$ 109. Sementara untuk salinan OEM Windows 10 Professional dipatok dengan harga US$ 149,99.

(dhi/dew)