Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

4 Tips Atasi Utang Kartu Kredit

046021900_1417487462-woman-credit-cards

Rifan Financindo Berjangka – Makan di restoran, membeli sepasang sepatu, berwisata menjadi hal menyenangkan bagi banyak orang. Namun dipastikan, hal ini membutuhkan pengeluaran yang bisa menguras kantong.

Bila Anda seorang miliarder, pengeluaran tersebut pasti bukanlah masalah. Sebaliknya, bila bergaji pas-pasan, itu bisa menjadi petaka.

Apalagi jika dalam membeli dan melakukan kegiatan tersebut, Anda mulai keranjingan membayarnya dengan kartu kredit yang suku bunganya mencekik. Hati-hati ini bisa membuat Anda terbenam dalam utang dan mulai menyengsarakan hidup.

Kartu kredit, bisa sangat berguna bila Anda membutuhkan pembayaran cepat. Tapi ini sangat tidak disarankan bila Anda tak bisa mengontrolnya. Namun bila Anda sudah terlanjur terbenam dalam utang kartu kredit, berikut 4? tips mengurangi beban utang tersebut, seperti melansir Huffingthon Post, Kamis (11/6/2015):

1. Mulai atur utang

Sembari duduk, cobalah Anda mulai mengkalkulasikan semua laporan utang kartu kredit. Dengan mengetahui secara detail dan mulai mengorganisirnya, Anda bisa tahu persis seberapa banyak berutang daripada membuat asumsi.

2. Bayarkan kartu kredit dengan saldo terendah

Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi melunasi kartu kredit yang memiliki saldo terendah akan memotivasi Anda untuk menyelesaikan utang tersebut. Ada pepatah, mulai sesuatu dari yang terkecil dahulu. Ini pun berlaku untuk menurunkan utang kartu kredit.

3. Pindah ke kartu kredit dengan biaya terendah

Sebelum kita mulai berbicara tentang pembayaran saldo, perhatikan dulu soal biaya tahunan kartu kredit. Jika Anda membayar biaya tahunan sedemikian besar pada setiap kartu kredit, sudah saatnya Anda menggunting kartu tersebut.

Saat ini, banyak kartu menawarkan tingkat bunga yang lebih rendah di tahun pertama atau lebih. Ini menjadi waktu yang tepat untuk membayar dan melunasi kartu kredit saldo tertinggi Anda. Ini menjadi hal sulit, tetapi Anda akan menghemat ratusan dolar untuk pembayaran bunga.

4. Minta penurunan suku bunga

Jika Anda belum mampu segera melunasi saldo utang, cobalah hubungi perusahaan kartu kredit dan melihat apakah mereka bersedia untuk menurunkan tingkat bunganya.

Sebuah kata-kata dan sikap yang baik menjadi hal penting. Jika Anda sudah memiliki hubungan yang baik dengan perusahaan penerbit kartu kredit, dan dikenal tepat waktu dengan pembayaran, Anda kemungkinan besar bisa meminta penurunan bunga. (Nrm/Gdn)