Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

4 Negara dengan Jam Kerja Terlama

085779300_1424754017-4053a5ae-015b-43af-8493-d8a1abecff99-1020x612

Rifan Financindo Berjangka – Baru-baru ini calon presiden Amerika Serikat dari partai Republik, Jeb Bush, dan dari partai Demokrat, Hillary Clinton, saling beradu argumen soal produktivitas negara tersebut.

Menurut Bush, dalam wawancara dengan New Hampshire Union Leader, para pekerja di AS perlu bekerja lebih produktif. “Karyawan harus bekerja lebih lama, supaya produktif dan memberi pendapatan lebih untuk keluarganya,” kata Bush.

Hal ini langsung dibantah oleh Clinton dalam akun Twitternya. “Setiap orang yang percaya para pekerja AS belum bekerja keras pasti belum bertemu dengan mereka secara langsung,” ujarnya.

Bush lalu mengatakan, kalau pernyataannya tersebut untuk para pekerja paruh waktu di AS. Masalah ini pun berkembang menjadi isu panas di sana. Rata-rata jam kerja orang di AS, menurut data Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), sekitar 34,4 jam per minggu.

Pada saat yang sama dengan isu ini, di belahan bumi lainnya, krisis utang di Yunani sedang terjadi. Para pekerja di Yunani saat ini mendapat stigma pemalas karena mendapat dana pensiun sangat besar dan masa pensiun yang cepat.

Tapi realitanya, tenaga kerja Yunani bekerja lebih lama daripada negara-negara Eropa lainnya. Jerman bahkan berada di peringkat pertama negara OECD dengan waktu bekerja paling sedikit, yaitu 28 jam per minggu.

Lantas, negara mana yang memiliki waktu bekerja lebih lama dibanding AS? Ini daftarnya:

1. Meksiko

Rata-rata orang Meksiko bekerja 43 jam per minggu. Saat ini negara tersebut menjadi negara dengan perekonomian terbesar kedua di Amerika Latin, menurut data Bank Dunia.

2. Korea Selatan

Negara ini belum memasukkan data terkini kepada OECD. Tapi berdasarkan data 2013, para pekerja Korea Selatan bekerja lebih lama nomor dua di dunia dengan rata-rata 42 jam per minggu.

3. Yunani

Persepsi etika kerja di Yunani saat ini sangat buruk. Mulai dari gaji yang besar, beban kerja sedikit, dan terlalu dini untuk pensiun. Tapi ternyata, tenaga kerja di Yunani bekerja lebih lama dibanding negara Eropa lainnya. Rata-rata waktu bekerjanya 39 minggu per hari

4. Chili dan Rusia

Kedua negara ini memiliki rata-rata waktu bekerja sekitar 38 jam per minggu.
Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)