Ruko S.Parman Corner Unit 5 & 6 Jl. S. Parman No. 47A, Semarang 50231 Telp : (024) 850 8868 (Hunting), Fax : (024) 850 886" />

PT.RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SEMARANG

2 Mbps! Batas 4G Paling Lelet Smartfren

053238900_1429181440-smartphone

Rifan Financindo Berjangka – Ketika operator telekomunikasi lainnya menonjolkan kecepatan tertinggi yang bisa diraih jaringan 4G kepunyaannya, Smartfren tak ikut-ikutan. Tapi bukan berarti kecepatan yang ditawarkannya tak mumpuni, karena Smartfren menjanjikan batas terendah kecepatan 4G-nya sebesar 2 Mbps!

Itu bukan di kota-kota tertentu saja, melainkan di seluruh wilayah yang jadi jangkauan Smartfren. Bahkan untuk menjaga angka tersebut, Munir SP, VP Network Smartfren, mengatakan telah menyiapkan tim yang ditugasi khusus untuk selalu memantau nilai terendah tersebut agar tak turun di bawah 2 MBps.

?Tim ini ditugasi khusus untuk memantau fluktuasi yang terjadi, pokoknya dijaga agar tetap di atas 2 Mbps kecepatan yang bisa dirasakan pelanggan. Kalau kondisi saat ini angkanya berada di sekitar 5 Mbps,? ujar Munir, di restoran Kelapa Manis, Cirebon, Jawa Barat.

Smartfren sendiri menggunakan dua teknologi LTE di jaringannya, yakni TDD-LTE yang berjalan di frekuensi 2,3 GHz dan FDD-LTE yang berjalan di 850 MHz. Untuk yang TDD-LTE disiapkan untuk kota-kota dengan kebutuhan akses data yang tinggi. Munir mengklaim kecepatan 4G Smartfren yang berbasis TDD-LTE berada di kisaran mulai dari 2 Mbps sampai 100 Mbps.

Sedangkan kelebihan FDD-LTE terletak di jangkauannya yang jauh lebih luas, namun kecepatannya memang lebih rendah. Pun demikian Smartfren tetap menjaga kecepatan minimalnya sebesar 2 Mbps. Karena Munir mengatakan di FDD-LTE kecepatan yang ditawarkan Smartfren dipastikan berada di angka 2 Mbps hingga 10 Mbps.

?2 Mbps itu adalah kecepatan terendah yang akan dirasakan pelanggan Smartfren 4G di manapun. Ini lebih baik dari 3G yang kecepatannya sering berada di angka ratusan Kbps,? pungkas Munir.

(yud/rou)